Iranian Commandar Martyred in Fight Against ISIL in IraqSammara, LiputanIslam.com — Komandan Iran Jenderal Hamid Naghavi dilaporkan gugur syahid saat terlibat bentrokan melawan kelompok teroris transnasional Negara Islam Irak dan Suriah di Samarra, Irak. IRGC Jenderal Hamid Naghavi , adalah salah satu Komandan tertinggi pasukan Islamic Revolution Guards Corps (IRGC) atau Korps Garda Revolusi Islam Iran, sebagaimana laporan al-alamnews, 28 Desember 2014. Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan yang lebih detail dari Iran.

Seperti diketahui, IRCG yang disebut-sebut sebagai pasukan yang ditakuti dan bertanggungjawab melakukan operasi-operasi ekstrateritorial, tersebar di berbagai wilayah di Irak, mulai dari wilayah Kurdistan hingga wilayah-wilayah berpenduduk Sunni dan Syiah di Baghdad, Karbala, Salahudin, Samarra, Baghdad, Jurf al-Sakhar, dan Najaf. Pasukan ini berada di bawah komando Jenderal Qassem Soleimeni.

Seperti diketahui, sejak mencaplok Mosul pada bulan 11 Juni 2014, ISIS kemudian melebarkan penyerangannya ke berbagai kota di Irak, termasuk kota Samarra yang dianggap sebagai salah satu kota suci bagi pemeluk mazhab Syiah. Di bulan yang sama, menurut laporan businessinsider.co.id , ISIS menyerang Masjid Imam Al-Askari, dan melukai sembilan orang.

Pengeboman yang dilakukan ISIS pada berbagai masjid dan situs-situs bersejarah di Suriah dan Irak, dinilai merupakan hasil dari ideologi Salafi-Wahabi yang anti ziarah kubur, tahlil, dan menganggap hal tersebut sebagai praktek jahiliyah.

Berulang kali ISIS melakukan penyerangan untuk merebut kontrol kota Samarra, namun selalu berhasil digagalkan oleh gabungan pasukan dari Tentara Irak, relawan, maupun pasukan IRGC yang siap siaga di kawasan tersebut. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL