Tehran,LiputanIslam.com—Iran akan segera menulis sejarah baru perjalanan bangsanya di bidang produksi logam strategis. Kilang Jajarm di Iran mulai memasuki fase awal dengan kapasitas produksi mencapai 40.000 ton alumina pertahun.

Alumina adalah nama kimia dari alumunium oksida, gabungan alumunium dan oksigen. Di bidang pertambangan, keramik, dan teknik material senyawa ini sering disebut dengan nama alumina.

Presiden Iran, Hassan Rouhani, menyampaikan dalam sebuah sambutannya, “Pemerintah merasa terhormat menyaksikan kemajuan di bidang pembangunan untuk menghadapi sanksi AS.”

Kota Jajarm yang terletak di Khorasan bagian utara memang dikenal sebagai kota yang memiliki cadangan bauksit terbesar di Iran. Bauksi adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat alumunium.

Produksi alumina ini sangat penting bagi Iran untuk mengurangi ketergantungan republik Islam pada impor alumina. Kilang Jajarm ini dibangun dengan tujuan produksi maksimal mencapai 280.000 ton pertahun. Setelah fase pertama selesai, pembangunan kilang akan segera memasuki fase kedua dengan kapasitas produksi hingga 110.000 ton pertahun. (fd/Presstv)

Baca: Sanksi AS Sebabkan Pasien di Iran Meninggal Dunia

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*