Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengatakan kajian pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa sudah mencapai 90 persen. Saat ini pihaknya tengah menunggu presiden untuk memutuskan lokasi ibu kota baru tersebut.

“Perkembangan studi saat ini sudah tahap akhir, sudah di atas 90 persen. Nanti presiden yang akan memutuskan lokasi,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (18/6).

Baca: Jokowi Kunjungi Calon Lokasi Ibu Kota Baru

Bambang menjelaskan, studi terhadap lokasi ibu kota baru ini meliputi model bisnis pembangunan yang bakal diterapkan sekaligus studi kelayakan terhadap kota yang dicalonkan.

Dalam hal ini, ada tiga daerah yang disebut menjadi kandidat ibu kota baru, yakni Bukit Soeharto, Bukit Nyuling, dan Kawasan Segitiga Palangkaraya yang ketiganya berada di Pulau Kalimantan.

Dia menyampaikan, pemerintah telah mengalokasikan sebagian dana pemindahan ibu kota dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Akan tetapi, dia belum menyebutkan berapa besar alokasi anggarannya.

“Belum. Nanti kita hitung dahulu karena tahun 2020 lebih banyak kepada persiapan. Termasuk masterplan segala macam. Artinya, anggaran dari APBN belum terlalu besar,” ucapnya. (sh/republika/tribunnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*