LiputanIslam.com – Untuk mengatasi dampak kekeringan setiap tahun, Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berencana akan membangun enam danau buatan.

Enam danau tersebut dipilih di lokasi yang sering mengalami kekeringan setiap tahun. Dari enam lokasi pembangunan danau buatan itu empat di antaranya berlokasi di Kecamatan Cibarusah sementara dua sisanya akan dibangun di Kecamatan Bojongmangu.

“Dua kecamatan ini dipilih karena menjadi langganan kekeringan setiap tahun,” kata Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir di Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (20/7).

Chaidir menambahkan bahwa danau buatan yang nantinya dibangun akan disiapkan untuk menampung air hujan yang digunakan saat musim kemarau untuk tujuan irigasi.

Baca juga: BNPB: 7 Provinsi di Indonesia Alami Kekeringan

“Danau buatan sebenarnya khusus disiapkan untuk menampung air bagi kebutuhan persawahan karena akibat kekeringan banyak sawah yang mengering,” tambahnya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi rumah tangga di wilayah rawan kekeringan pihaknya juga akan membangun sumur bor di 120 titik.

“Untuk anggaran pembangunan danau buatan dan sumur bor ini bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi 2019 dengan total pagu anggaran sebesar Rp20 miliar,” katanya lagi. (Ay/Antara/Republika)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*