Sumber: beritasatu.com

Jakarta, LiputanIslam.com—Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) menyebutkan, jumlah konsumsi plastik di Indonesia lebih rendah dibandandingkan dari negara lain seperti Korea, Jerman, Jepang dan Vietnam.

INAPLAS mengatakan total konsumsi plastik di Indonesia mencapai 5,76 juta ton per tahun dengan rata-rata konsumsi perkapita sebesar 19,8 kilogram (kg). Sedangkan, di Korea, Jerman, Jepang dan Vietnam, konsumsi plastik per kapita masing-masing mencapai 141 kg, 95,8 kg, 69,2 kg dan 42,1 kg.

Baca: Nikah Minim Sampah Plastik Ala Bali

Sekertaris Jenderal Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia Fajar Budiono menilai, pengelolaan sampah di Indonesia masih belum optimal. Sementara, pengelolaan sampah diluar negeri jauh lebih maju.

“Kita masih belum optimal dan di luar negeri jauh lebuh maju dibandingkan,” kata Fajar, Jakarta, Kamis (14/11).

Dia menjelaskan, dari jumlah sampah plastik sekitar 60 juta ton per tahun, 45%nya masih tidak terkelola, untuk itu, menurutnya, pemerintah harus meningkatkan pengelolaan sampah dan daur ulang dengan lebih baik.

“Jadi sampah-sampah kita itu kotor jadi perlu pengelolaan selanjutnya karena itu lebih baik kalau sampah itu dipilah dari awal sehingga nanti proses selanjutnya lebih mudah dan waste rate kita tidak jauh (dengan negara maju),” ujarnya.

Sementara itu, kata dia, meskipun konsumsi plastik lebih tinggi dari Indonesia tapi, manajemen sampah di sana itu bisa menjadi komoditas yang bisa meningkatkan ekonomi.

“Mereka enggak punya masalah dengan isu-isu plastik,” ucapnya. (sh/industry/liputan6).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*