Washington, LiputanIslam.com–Pemerintah AS kini menarik $200 juta bantuan kepada warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza dan menyalurkannya ke proyek lain. Demikian informasi dari Departemen Luar Negeri AS kepada Kongres.

“Di bawah perintah Presiden Trump, kami telah meninjau bantuan AS kepada Pemerintah Palestina di Tepi Barat dan Gaza untuk memastikan dana ini dipakai sesuai dengan kepentingan nasional AS dan menghargai para pembayar pajak AS,” kata seorang pejabat deplu pada Jumat (24/8/18), seperti dikutip dari Reuters.

Dana $200 juta yang awalnya akan disalurkan bagi program-program bantuan di kawasan Palestina, kini “akan dialirkan ke proyek-proyek prioritas tinggi yang lain,” lanjutnya.

Pemerintah AS sebelumnya telah menarik ratusan juta dolar bantuan kepada badan PBB yang menangani pengungsi Palestina, UNRWA. Penarikan ini merupakan bentuk ancaman dari Presiden Donald Trump kepada Palestina karena menolak perjanjian damai dengan Israel.

Organisasi Yahudi liberal AS, J Street, mengecam tindakan AS ini sebagai “kekejaman moral dan kesalahan strategis yang besar.”

“Pemotongan [bantuan] ini akan berpengaruh besar kepada perempuan, anak, dan keluarga-keluarga tak bersalah,” papar J Street. (ra/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*