Sumber: Ali Mohammadi/Bloomberg

Washington, LiputanIslam. Com—AS telah menyerukan kapal-kapal dagang yang melewati Teluk Persia agar memberitahukan rencana pelayaran mereka ke Washington dan London.

“Kapal-kapal dagang berbendera AS yang melewati Selat Hormuz dan perairan Teluk harus mengirimkan rencana transit mereka ke pihak berwenang angkatan laut AS dan Inggris,” kata angkatan laut AS.

Pasukan angkatan laut AS menjelaskan bahwa meningkatnya kegiatan militer dan ketegangan politik di wilayah Teluk terus menimbulkan ancaman serius pada kapal-kapal komersial.

Ketegangan antara Iran dan Barat semakin meningkat ketika AS menarik diri dari perjanjian internasional yang mengekang program nuklir Republik Islam dengan imbalan pelonggaran sanksi ekonomi terhadap Iran.

Baca: Pompeo dan Bin Salman Bahas Rencana Keamanan Maritim

Washington baru-baru ini mengatakan akan membentuk “aliansi internasional” untuk mengamankan rute navigasi di wilayah Teluk, terutama di selat Hormuz dan Bab Al-Mandeb.

Inggris (UK) juga telah mengumumkan perlunya membentuk misi Eropa untuk mengamankan rute navigasi Teluk, menyusul perebutan Iran atas kapal tanker minyak Inggris bulan lalu.(fd/memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*