Washington, LiputanIslam.com–Departemen Keuangan AS mengumumkan penjatuhan sanksi terhadap bank Rusia, Evrofinance Mosnarbank, karena bekerjasama dengan perusahaan minyak negara Venezuela, PDVSA.

Hal ini diketahui merupakan bentuk tekanan yang dilakukan pemerintah Presiden Donald Trump untuk menggulingkan pemerintah Presiden Venezuela Nicholas Maduro dan sebagai gantinya membawa pemimpon oposisi Juan Guaido pada kekuasaan. Rusia dan Cina diketahui mendukung pemerintah Maduro.

“Langkah ini memperlihatkan bahwa AS akan bereaksi terhadap institusi keuangan luar negeri yang berpihak ke rezim Maduro yang tidak sah dan berkontribusi pada keruntuhan ekonomi dan krisis kemanusiaan yang menekan rakyat Venezuela,” kata menkeu AS, Steven Mnuchin.

Evrofinance Mosnarbank merespon dalam sebuah pernyataan di website mereka bahwa mereka beroperasi dengan “sikap stabil” dan akan “memenuhi semua kewajiban kepada klien dan mitra.”

Sementara itu, penasehat keamanan nasional AS John Bolton menyatakan peringatan kepada bank-bank dan institusi keuangan internasional.

“Bankir: Jangan bantu Maduro dan kaki tangannya mencuri aset rakyat Venezuela. Amerika Serikat mengawasi kalian. Dunia mengawai. Rakyat Venezuela mengawasi,” tulisnya lewat sebuah cuitan di Twitter pada 11 Maret kemarin. (ra/presstv/ rferl.org)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*