Washington, LiputanIslam.com—AS menyetujui penjualan senjata seharga $2,2 miliar ke Taiwan di tengah ketegangan perang dagang antara Washington dan Beijing.

Penjualan raksasa ini melayani “kepentingan nasional, ekonomi, dan keamanan AS dengan mendukung [Taiwan] … memodernisasi angkatan bersenjatanya dan mempertahankan kemampuan pertahanan yang kredibel,” demikian pernyataan dari Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon pada Senin (8/7).

Pentagon menggambarkan Taiwan sebagai “kekuatan penting bagi stabilitas politik, keseimbangan militer, dan kemajuan ekonomi di kawasan.”

Beberapa jenis senjata yang dijual oleh AS adalah 250 misil Stinger dan tank 108 M1A2T Abrams, serta senjata-senjata lain yang dipesan oleh Taiwan.

Sebelum ini, AS telah menjual lebih dari $15 miliar senjata ke Taiwan sejak 2010.

Penjualan terbaru ini menurut Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, bisa “meningkatkan kemampuan darat dan udara kita, memperkuat moral militer dan menunjukkan kepada dunia komitmen AS untuk pertahanan Taiwan.”

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Cina menyatakan penentangan keras terhadap “penjualan ini  senjata AS ke Taiwan dan kontak militer AS dengan Taiwan.”

Kembali pada bulan Mei lalu, Pentagon menuding bahwa meskipun Cina telah menganjurkan unifikasi damai dengan Taiwan, negara itu tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan militer. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*