Sumber: Sputnik

Tehran,LiputanIslam.com—Minggu lalu, Presiden Iran Hassan Rouhani mengusulkan dibentuknya koalisi keamanan teluk yang diisi oleh negara-negara di Timur Tengah, meliputi Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Irak, Iran, dan beberapa negara teluk lainnya.

Usai gagasan itu disampaikan Rouhani pada pertemuan PBB beberapa hari lalu di New York, jubir pemerintah Iran, Ali Rabiei mengumumkan pada Senin (1/10) kemarin, bahwa Arab Saudi telah mengirim utusannya kepada Presiden Iran, Hassan Rouhani, melalui pihak ketiga.

“Pesan dari Arab Saudi disampaikan kepada Hassan Rouhani melalui presiden beberapa negara,” jelas Rabie, seperti dilaporkan oleh Iranian Labour News Agency (ILNA).

“Jika Arab Saudi benar-benar ingin merubah haluan, Iran akan menyambut keinginan itu,” ujarnya, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Sampai saat ini, Iran masih menunggu pernyataan resmi Arab Saudi untuk menerima ajakan Iran membentuk koalisi di Timur Tengah.

Baca: Iran Mengaku Menerima Surat dari Arab Saudi

Jubir Kemenlu Iran, Abbas Mousavi, berjanji bahwa Iran akan segera mengumumkan detail rencana pembentukan koalisi yang disampaikan oleh Presiden Rouhani pada Sidang Umum PBB Minggu lalu di New York.

“Detail rencana akan segera kami umumkan dalam bentuk tertulis, khususnya untuk delapan negara yang kami undang untuk bergabung dengan koalisi ini,” ucap Mousavi. (fd/Sputnik/ILNA)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*