Sana’a,LiputanIslam.com—Berdasarkan atas laporan eksklusif CNN, Arab Saudi bersama sekutu-sekutunya diduga telah memberikan sejumlah besar senjata kepada kelompok militan yang terhubung dengan Al-Qaeda di Yaman. Dugaan pemberian senjata buatan AS kepada kelompok teroris di Yaman ini akan mencederai persutujuan jual-beli senjata antara Saudi dan AS.

Petugas Departemen Pertahanan AS telah mengonfirmasi bahwa Washington akan segera melakukan investigasi terkait isu tersebut.

Sebelumnya, CNN juga telah melaporkan bahwa kelompok HAM Yaman, Mwatana, menemukan beberapa fragmen bom buatan AS di beberapa lokasi serangan di Yaman.

Pada Desember 2018 silam, Senat AS telah membuat resolusi agar militer AS berhenti memberikan dukungan kepada koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman.

Yaman telah terjebak dalam pusaran konflik antara pemerintah Yaman pimpinan Abd Rabbuh Mansur Hadi dengan kelompok Houthi. Atas permintaan Mansur Hadi, pasukan koalisi Saudi pun ikut melibatkan dirinya dalam konflik tersebut sejak Maret 2015.

Namun, hingga saat ini, agresi militer yang dilakukan Arab Saudi di Yaman tak kunjung membuahkan hasil dan justru banyak menelan korban jiwa, serta menyebabkan terjadinya krisis kemanusiaan. (fd/AMN)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*