Sumber: faktapers.id

Jakarta, LiputanIslam.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Masjid Apung Jakarta didirikan untuk mewujudkan wisata kultural yang berkesetaraan untuk warga Jakarta ketika liburan ke Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan), karena ada warga Jakarta yang bertahun-tahun tak punya kemampuan secara finansial untuk masuk menikmati kawasan hiburan dan wisata.

“Mereka dilewatkan sebagaimana warga lain yang bisa beli tiket di Ancol dan Dufan. Kita ingin tempat ini setara untuk semuanya,” ujar Anies dalam acara pencanangan tiang pertama Masjid Apung Ancol di Jakarta, Sabtu (9/11).

Masjid Apung tersebut nantinya akan ditargetkan menjadi ikon wisata kultural yang memberikan pengalaman baru untuk jamaah, sekaligus memfasilitasi kebutuhan ibadah umat muslim yang sedang berlibur di Ancol.

“Kita berkeinginan ada fenomena alam yang dirasakan yang mengunjungi masjid ini, posisinya di atas permukaan air laut, dengan hamparan langit terbuka. Ini unik karena tidak ada masjid yang di pinggir laut Jakarta,” ujar Anies.

Dibangunnya Masjid Apung di Ancol sekaligus menandai peringatan Maulid Nabi Muhammad dan pusat peradaban penyebaran agama Islam yang dimulai dari kawasan tersebut.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) ditunjuk sebagai pengembang pembangunan masjid tersebut.

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun mulai dari pelaksanaan pemancangannya (ground breaking).

Baca juga: 99,9 Persen dari Satu Juta Masjid dan Mushala Bebas dari Radikalisme

Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan masjid ini bangunan yang unik dan satu-satunya di Jakarta.

Nantinya, area masjid memiliki luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang jemaah.

Bangunan akan berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun Islam serta jumlah waktu shalat wajib dalam satu hari. Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur’an.

Pada sisi luar masjid akan terdapat enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman. Masjid Apung Ancol didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi ikon baru Kota Jakarta. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*