Gaza, LiputanIslam.com–Militer Israel tidak mampu menyerang pejuang Hamas di Jalur Gaza dan alih-alih menyerang warga sipil Palestina untuk menghindari konflik dengan Hamas. Demikian penjelasan dari seorang analis politik.

“Kita dapat memperkirakan ribuan penduduk sipil mati [oleh tembakan Israel] dalam rangka menghancurkan Hamas,” kata Robert Inlakesh dalam wawancara kepada Press TV pada Minggu (15/7/18).

Menurut Inlakesh, militer Israel khawatir atas tindakan balasan dari Hamas jika mereka menyerang gerakan perlawanan itu.

“Mereka takut kehilangan tentara mereka karena mereka pengecut, dan mereka tidak mampu melawan Hamas di lapangan,” katanya.

Baru-baru ini, militer Israel memborbadir Gaza dengan pesawat militer. Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, setidaknya 2 warga sipil Palestina tewas dan 14 lainnya terluka akibat serangan ini.

Menurut pengakuan militer Israel, serangan udara di Gaza timur ini merupakan tindakan balasan dari tembakan oleh Hamas.

Juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum, mengakui bahwa Hamas melakukan tembakan tersebut, namun itu merupakan balasan dari serangan Israel.

“Perlindungan dan pertahanan atas warga kami adalah kewajiban nasional dan pilihan yang strategis,” katanya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*