al houthiSana’a, LiputanIslam.com — Kelompok teroris Al Qaida Yaman (AQAP) mengumumkan hadiah 20 kg emas bagi siapapun yang bisa membunuh ataupun menangkap pemimpin kelompok Houthi dan gerakan Ansarullah, Abdul-Malik al-Houthi.

Sebelumnya AQAP dalam pesan yang dipostingkan online pada hari Rabu menawarkan hadiah senilai $774.000 atau sekitar Rp 10 miliar bagi penangkapan atau pembunuhan terhadap Abdul-Malik al-Houthi dan mantan presiden Ali Abdullah Saleh yang menjadi sekutu kelompok Houthi. Demikian seperti dilansir Press TV, Kamis (9/4).

Pengumuman itu muncul setelah Saudi Arabia mengumumkan rencananya untuk melanjutkan serangan militer ke Yaman.

Demi memulihkan kekuasaan sekutunya, presiden terguling Mansur Hadi, Saudi dan pasukan koalisi yang dipimpinnya melancarakan serangan udara dan laut besar-besaran ke Yaman sejak tanggal 26 Maret lalu. Tanpa mandat PBB dan melanggar konvensi internasional, serangan itu telah menewaskan hampir 500 warga Yaman termasuk wanita dan anak-anak.

Di bawah tekanan kelompok Houthi dan pasukan pendukung Abdullah Saleh yang menghendaki implementasi dialog nasional tentang pembagian kekuasaan, Manur Hadi mengundurkan diri sebagai presiden pada Januari lalu. Namun kemudian ia mencabut keputusannya sendiri dan melarikan diri ke Aden, sehingga gerakan Ansarullah menyatakan Hadi kehilangan legitimasi setelah meninggalkan ibukota Sana’a.

Pada tanggal 25 Maret Hadi meninggalkan Aden menuju Saudi, setelah pasukan gerakan Ansarullah dan pendukung Ali Abdullah Saleh mendekati kota itu. Sehari kemudian Saudi pun melancarkan serangan militer ke Yaman.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL