Al-Zawahiri-fake-jew-terrorist-300x300New Delhi, LiputanIslam.com — Pemimpin kelompok Al Qaida Ayman al-Zawahiri mengumumkan pembentukan cabang Al Qaida di India untuk “mengibarkan bendera jihad” di seluruh kawasan Asia Selatan.

Dalam pesan melalui video berdurasi 55 menit, berbahasa campuran Arab dan Urdu sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (3/9), Zawahari juga menyatakan kesetiaan kepada pemimpin Taliban Mullah Omar.

BBC menyebutkan, pesan yang disampaikan tersebut merupakan bentuk pelecehan terhadap kelompok teroris saingannya, Islamic State (IS), yang berusaha menyingkirkan Al Qaida sebagai kelompok jihadis utama di dunia.

“Al-Qaeda adalah entitas yang dibentuk untuk menyebarluaskan panggilan sang imam yang hidup kembali, Sheikh Osama Bin Laden. Semoga Tuhan memberkatinya,” kata Zawahiri dalam pesannya.

Ia pun mendesak umat Islam dan negara-negara Islam untuk “mengangkat senjata berjihad melawan musuh, membebaskan negeri-negeri yang diduduki, memulihkan kedaulatan dan membangun kembali kekhalifahan”.

Menurut Zawahiri dalam pesan itu, “Al-Qaeda cabang India akan menjadi “berita bagus bagi kaum muslim di Burma, Bangladesh dan negara-negara bagian di India seperti Assam, Gujarat, dan Jammu-Kashmir, dimana mereka akan dibebaskan dari penindasan”.

Beberapa pengamat terorisme menyebutkan Al Qaida kini tengah berusaha membendung pengaruh kelompok ISIS yang berhasil menarik perhatian para “mujahidin” muda untuk bergabung di Irak dan Suriah.

Pemimpin ISIS Abu Abu Bakr al-Baghdadi bahkan telah mendeklarasikan diri sebagai seorang khalifah, sekaligus menyingkirkan Zawahiri dan Al Qaida sebagai pemimpin kelompok yang lebih senior.

Kedua kelompok ini bahkan terlibat persaingan sengit berujung pada konflik bersenjata di medan perang Suriah. Di sini Zawahiri dan Al Qaida mendukung kelompok Al Nusra Front yang berhadap-hadapan dengan ISIS.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL