IkanJakarta, LiputanIslam.com – Beberapa waktu yang lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyebut Malaysia sebagai ‘maling’. Ucapannya terbukti. Kemarin, pihak kepolisian menemukan aksi illegal fishing atau pencurian ikan di perairan Indonesia, yang dilakukan oleh kapal nelayan berbendera Malaysia.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo  mengatakan, kapal nelayan Malaysia tersebut sudah diamankan di Satuan Polisi Air Polres Bengkalis.

“Selain kapal, nahkoda dan anak buah kapal berinisial K, 35 tahun, dan T, 27 tahun, diamankan,” ucap Guntur, Senin (3/11/2014), seperti dilansir Liputan6.

Guntur menjelaskan, kapal ini ditangkap saat polisi air melakukan patroli rutin. Saat itu, personil mencurigai aktivitas kapal yang tengah menjaring ikan di sebuah selat di Bengkalis. Daerah itu merupakan bagian terluar dari Indonesia, sehingga rawan aktivitas pencurian ikan.

“Satuan Polisi Air Polres Bengkalis pagi tadi sudah menggiring sebuah kapal bernomor lambung JHS 5974 itu ke markasnya,” kata Guntur.

Guntur  mengatakan, polisi langsung memeriksa surat izin aktivitas, dan diketahui ternyata kapal itu milik warga Malaysia. “Pengakuannya, kapal tersebut milik pengusaha Malaysia. Namun sejauh ini kita masih melakukan proses penyelidikan,” tutup Guntur.

Sebelumnya, Susi, menuturkan pengalamannya ketika di Eropa. Ia melihat ikan jenis black tiger yang diklaim milik Malaysia. Padahal spesies ikan ini hanya hidup di perairan Indonesia.

“Ada ikan jenis black tiger yang saya beli di supermarket Eropa, ternyata disebut itu dari Malaysia. Di sana terpampang fifty seven zone (zona 57). Memangnya Malaysia punya zona pulau?”

“Saya memang hanya mempunyai ijazah SMP tapi saya paham masalah navigasi dan koordinat. Menurut saya, zona 57 ini masih berada di Samudera Hindia masuk dalam wilayah Indonesia. Wong gendeng, itu pulau jadi-jadian. Ini maling tetapi berani terang-terangan. Ini saya temukan di supermarket Eropa,” lanjutnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL