Sumber: sukabumiupdate.com

Sukabumi, LiputanIslam.com— Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi melaporkan ratusan hektare lahan pertanian di Kabupaten Sukabumi terancam kekeringan akibat dampak dari musim kemarau.

“Dari data yang dihimpun ada seluas 688 hektare lahan pertanian yang terancam kekeringan,’ kata Kepala Distan Kabupaten Sukabumi Sudrajat, Minggu (16/6).

Sudrajat menyebutkan, ancaman kekeringan tersebut berada di lima kecamatan, yaitu kecamatan Ciemas 409 hektare, Pabuaran seluas 180 hektare, Simpenan 56 hektare, Surade seluas 26 hektare dan Cibitung seluas 17 hektare.

Baca: Menteri Amran: Jangan Khawatir Kekeringan

Dia mengatakan, pemerintah telah melakukan penanganan dan bantuan dengan melakukan pompanisasi untuk daerah yang masih terdapat sarana air. Selain itu, pemantauan terus dilakukan di lahan yang terancam kekeringan tersebut.

Dia berharap tidak ada lahan yang gagal panen sehingga petani tidak mengalami kerugian.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mewaspadai datangnya musim kemarau untuk mencegah terjadinya kekeringan.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain menyampaikan, pihaknya pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal bilamana nantinya masuk pada musim kemarau. Salah satunya dengan memetakan daerah rawan kekeringan.

“Dari pemetan tahun-tahun sebelumnya, belasan kelurahan di Kota Sukabumi rawan kekeringan, baik yang kesulitan mendapatkan air bersih maupun membutuhkan untuk mengairi lahan pertaniannya,” ujarnya. (sh/republika/radarsukabumi)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*