Wapres Dorong Kemandirian Ekonomi Bagi Santri dan Pesantren

0
95

Sumber: merdeka.com

Jombang, Liputanislam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin mendorong kemandirian ekonomi bagi santri dan pondok pesantren di seluruh Indonesia. Menurutnya, meningkatnya semangat berwirausaha di kalangan santri sekarang ini harus didukung dengan pengembangan kemampuan dan skill di bidang teknologi digital. Hal itu penting agar semakin meningkat tarap hidup bagi masyarakat pesantren itu sendiri.

Demikian hal itu disampaikan Wapres Kiai Ma’ruf saat membuka acara Santri Digital Fest dan Rapat Kerja Nasional Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (Rakernas IPPNU) di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur pada Kamis (23/1).

“Saya harapkan kepada pelajar dan santri mampu menciptakan kemandirian umat melalui para santri, masyarakat dan Ponpes itu sendiri agar mampu mencapai kemandirian ekonomi, sosial, dan juga memacu pengembangan skill teknologi produksi, distribusi, pemasaran,” ucapnya.

Wapres mengatakan peran santri belakangan ini semakin berkembang dan berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan kata lain, hal itu secara tidak langsung bahwa santri juga turut serta menurunkan angka kemiskinan yang merupakan salah satu persoalan bangsa.

Baca: Presiden Tegaskan Kedaulatan Indonesia Tidak Bisa Ditawar

Ia juga mengapresiasi salah satu contoh program kemandirian ekonomi pesantren yang bernama One Pesantren One Product (OPOP) yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Menurut Wapres pilar OPOP adalah sinergi antara koperasi pondok pesantren, forum bisnis, pengusaha alumni pesantren, dan sosialpreneur. (aw/tribun/republika).

DISKUSI: