Wamenag Dorong Kemandirian Perguruan Tinggi Islam

0
114

Sumber: kemenag.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi mendorong  semua perguruan tinggi Islam yang berada di bawah naungan Kemenag agar meningkatkan kemandiriannya. Menurutnya, kampus-kampus Islam dapat mengembangkan berbagai unit usaha yang potensial dan produktif, seperti wakaf dan zakat.

Demikian hal itu disampaikan Zainut pada saat menerima kunjungan Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (YAPTINU) dan civitas akademika Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta pada Senin (13/1).

“Banyak potensi ekonomi yang dapat dikembangkan untuk menghidupi dan mengembangkan kampus, salah satunya zakat dan wakaf,” ucapnya.

Menurut Wamenag Zainut, dalam mengelola dan mengembangkan zakat dan wakaf, pihak terkait dapat menjalin kerjasama dengan banyak kalangan, pengusaha, perbankan dan kementerian/lembaga. Potensi besar zakat dan wakaf dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan perguruan tinggi atau kampus.

“Banyak potensi zakat dan wakaf yang belum dimanfaatkan untuk pengembangan pendidikan tinggi, karenanya sudah waktunya untuk diseriusi,” ujarnya.

Baca: Indonesia-UEA Jalin Kerjasama Bidang Agama dan Wakaf

Sementara Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Ruchman Basori yang ikut mendampingi Wamenag juga memberikan sambutan. “Dalam lima tahun terakhir ini Kemenag melalui Ditjen Pendidikan Islam telah bersinergi dengan UNISNU Jepara salah satunya dalam program Bidikmisi, Sarana Prassarana PTKIS dan Program 5000 Doktor,” ungkapnya. (aw/kemenag/republika).

DISKUSI: