PBNU Dorong Pemerintah Bantu Selesaikan Konflik India

0
203

Sumber: islami.co

Jakarta, Liputanislam.com– Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen), Helmy Faishal Zaini mendorong pemerintah Indonesia agar ikut andil menyelesaikan konflik di India yang berawal dari protes atas undang-undang kewarganegaraan, yang berubah jadi bentrok antar agama. Menurut Helmy, Indonesia punya peran strategis di kawasan Asia dan dapat memainkan perannya.

“Mendorong pemerintah Indonesia untuk segera mengambil langkah diplomatis dan ikut andil dalam upaya menciptakan perdamaian di India,” ujarnya di Jakarta pada Kamis (27/2).

Helmy menilai, upaya ini penting dilakukan sebagai bagian dari tanggungjawab Internasional, yakni turut berperan dalam usaha menciptakan perdamaian dan keamanan dunia. “PBNU juga mengajak kepada masyarakat Internasional untuk bersama-sama menggalang bantuan kemanusiaan dan upaya-upaya perdaiaman bagi masyarakat India,” ucapnya.

Selain itu, PBNU juga mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk berinisiatif melakukan investigasi dan menindak segala pelanggaran HAM dalam bentrok di India, sehingga tercipta suatu keadaan yang kondusif dan India bisa tumbuh kembali sebagai negara yang berdaulat yang mensejehterahkan rakyatnya.

“PBNU mengecam segala bentuk dan tindak kekerasan, termasuk di dalamnya adalah perilaku menyerang pihak-pihak yang dianggap berbeda,” tegasnya.

Baca: Mahfud MD: Indonesia Bukan Negara Agama

Seperti diberitakan, korban tewas akibat bentrokan yang menentang Undang-Undang Kewarganegaraan (CAA) di New Delhi itu sudah mencapai 20 orang. Aksi protes tersebut berubah menjadi kekerasan antaragama, di mana sejumlah umat Islam melarikan diri dari rumah-rumah mereka dan beberapa masjid di ibu kota hancur setelah diserang kelompok Hindu. (aw/republika/tirto).

DISKUSI: