Kiai Marzuki: Kekayaan Islam Nusantara Harus Dijaga

0
9

Sumber: nu.or.id

Blitar, Liputanislam.com– Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar mengatakan bahwa komitmen menjaga bangsa dan negara bagian dari konsekuensi komitmen menjaga paham ahlussunah wal jamaah an-nahdliyah (Aswaja NU). Kekayaan dan peradaban Islam di bumi Nusantara sangat besar, dan hal itu harus dijaga dan dipertahankan.

“ Di Nusantara dan Negara Kesatuan Republik Indoenesia (NKRI) tersimpan ribuan masjid, kitab Aswaja beserta sanad serta hizib, prasasti sejarah kewalian, pesantren, dan lainnya. Kondisi ini harus dipertahankan dari kepunahan,” ucapnya saat berada di Blitar, Jawa Timur pada Minggu (16/2).

“Kitab Shahih Buchari dan makna beserta sanadnya masih utuh di negeri ini. Hizib dan kitab Aswaja asli masih utuh. Belum lagi ribuan masjid, pesantren dan makam para wali. Ini kalau di Timur Tengah sudah amblas sejak dulu dihancurkan. Maka perlu dipertahankan. Ayo pertahankan negeri tercinta dengan hubbul wathan minal iman,’’ tegasnya.

Menurutnya, Nabi Saw telah mencontohkan membangun suatu kota atau negara yang aman dan damai. Di dalamnya tidak hanya umat Islam, tetapi ada juga umat yang lain seperti Yahudi dan Nasrani. Mereka hidup berdampingan dengan rukun.

“Mereka sepakat mendirikan negara yang damai melalui Piagam Madinah. Begitu juga dengan Republik Indonesia dibangun dengan rasa kebersamaan. Bersatu membangun negara yang damai adil makmur sesuai yang dicita-citakan,” terangnya.

Baca: Menag: Pesantren Punya Andil Besar Dalam Kemerdekaan Indonesia

“Para ulama dan kiai serta tokoh mendirikan negara ini sesuai dengan apa yang dicontohkan Nabi. negara ini perlu dipertahankan dengan slogan NKRI harga mati,” tandasnya. (aw/NU).

 

DISKUSI:
SHARE THIS: