Haedar Nashir: Soal Pandemi, Umat Islam Harus Beri Solusi, Bukan Tambah Masalah

0
284

Sumber: suaramuhammadiyah.id

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengajak segenap umat Islam agar memberikan solusi terhadap wabah virus covid-19, dan bukan malah menambah masalah. Salah satu solusi yang dapat diberikan ialah dengan cara menahan diri tidak melakukan kegiatan kolektif, termasuk dalam hal ibadah.

“Maka kita bisa melihat Islam itu harus memberi solusi, memberi pemecahan dan Islam harus menjadi penerang. Jadikan Islam sebagai solusi, lebih-lebih saat darurat bukan malah menambah masalah,” ujarnya di Jakarta pada Jumat (24/4).

Baca: Kebijakan Larang Mudik, Polda Metro Jaya Telah Putarbalikkan Ribuan Kendaraan

Menurutnya, Islam adalah agama yang mencerahkan dan membawa cahaya keselamatan. Karena itu salah satu solusi nyata Muslim dalam mewujudkan Islam sebagai pencerahan adalah dengan menahan diri berkumpul, termasuk menahan diri agar tidak ibadah dulu ke masjid.

“Harus memberi solusi di tengah musibah, lalu ibadahnya tetap tapi dengan mencegah rantai penularan, kita mengikuti protokol kesehatan,” ucapnya.

Haedar mengatakan, dengan tidak beribadah di masjid pada bulan Ramadhan ini untuk sementara waktu bukan berarti tidak menjalankan perintah agama. Namun, tetap beribadah hanya caranya saja yang berbeda. “Setiap Muslim dengan iman dan takwa kuat tapi menghindari penyakit dan wabah mematikan itu bukan hilang iman. Akan tetapi, itu ikhtiar agar tidak terkena, tidak tertular,” tandasnya. (aw/minews/republika).

DISKUSI: