BNPB Ajak Ormas Islam Kolaborasi Atasi Ancaman Covid-19

0
158

Sumber: nu.or.id

Jakarta, Liputanislam.com– Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lilik Kurniawan mengajak seluruh organisasi keagamaan dan kemasyarakatan (Ormas) Islam untuk bersama-sama dan berkolaborasi mengatasi penyebaran virus corona (Covid-19) di tanah air. Sebab, dengan keloborasi semua pihak masalah virus tersebut bisa diatasi.

Demikian hal itu disampaikan Lilik saat menghadiri kegiatan sosialisasi dan penerapan SOP Covid-19 di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, pada Jumat (13/3).

“Kita minta dukungan dari NU, bareng Muhammadiyah, teman-teman relawan lainnya, PMI dan lain-lain. Menangani penyebaran virus corona, semua pihak bukan lagi harus melakukan koordinasi, tapi kolaborasi,” ujarnya.

Dengan kolaborasi akan meruntuhkan semua sekat-sekat yang ada, termasuk di kalangan ormas Islam. “Bukan lagi koordinasi yang harus  dilakukan tapi kolaborasi. Bedanya adalah kolaborasi itu kita betul-betul meruntuhkan dinding-dinding, sekat-sekat yang ada selama ini,” ucapnya.

Terkait berbagai persoalan yang muncul sebagai dampak munculnya virus corona, Lilik yakin dapat diatasi dengan adanya bergandengan tangan semua pihak. “Masyarakat, dunia usaha, akademisi harus bergandengan tangan bersama. Jika itu kita lakukan itu insya Allah kita bisa melalui ancaman virus ini dengan secepatnya,” katanya.

Baca: PBNU Bentuk Satgas Cegah Penyebaran Virus Corona

Pada kesempatan itu, ia juga memberikan apresiasi kepada warga NU yang melakukan banyak upaya mencegah dan mengatasi virus, termasuk salah satunya menambahkan sabun di tempat wudhu. “Alhamdulillah hari ini dari temen-temen LPBI NU dan temen-temen NU sudah membuat satu aksi yang luar biasa dan sudah membuat Pos Induk Covid-19 di PBNU. BNPB mengapresiasi apa yang dilakukan kawan-kawan NU,” tambahnya. (aw/republika/NU).

 

DISKUSI: