Selain Nutrisi Makro dan Mikro, Perhatikan Juga Jumlah dan Frekuensi MPASI

0
73

Sumber: Alodokter

LiputanIslam.com — Ketika anak sudah berumur 6 bulan, anak mulai membutuhkan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian MPASI adalah nutrisi makro dan mikro yang terkandung dalam menu makanan, serta jumlah dan frekuensi makan anak. Misalnya dimulai dengan 2 sendok makan saja karena kapasitas lambung anak masih terbatas. Kemudian meningkat menjadi 3, 4, dan seterusnya.

Menurut dokter Spesialis Anak dan Konsultan Dokter Titis Prawitasari, anak yang berusia 6-8 bulan cukup hanya 200 kalori saja dalam sehari. Setiap kali makan, cukup 80-100 kalori saja. Selain itu, Dokter Titis juga mengingatkan porsi protein yang harus dimaksimalkan dalam sajian MPASI. Selama ini banyak yang memberikan buah dan sayur lebih banyak dibanding dengan protein.

“Di awal MPASI jangan memberikan menu tunggal karena tidak memenuhi gizi seimbang. Sebab, protein, lemak, dan karbohidrat harus diberikan sejak awal MPASI. Prinsipnya bahwa semua makro dan mikro nutrisi harus dipastikan cukup,” tambah Titis.

Ketika jumlah dan frekuensi sudah mencukupi, maka dicek lagi tekstur makanannya. Pastikan tekstur halus, tidak cair, cenderung mengental dan tidak menggumpal. Anak usia 8-9 bulan makanannya tidak disaring, karena anak bisa mulai melumat makanan, sehingga lauk bisa dicincang halus bertekstur ada potongan yang masih halus. Anak usia 1 tahun sudah bisa makan ala keluarga dengan irisan yang lebih kasar lagi.

Kemudian waktu makan disarankan agar anak benar-benar fokus, jangan ada distraksi yang mengganggu konsentrasi anak. (Ay/Tempo)

DISKUSI:
TagsMPASI