Lakukan 4 Aktivitas ‘Ngabuburit’ Berpahala Ini

0
144

Jakarta, LiputanIslam.com — Bulan puasa Ramadan kali ini berbeda dengan biasanya karena wabah Covid-19. Namun, hal itu tidak dapat menghalangi kita untuk beraktivitas penuh pahala, terutama di saat ‘ngabuburit’.

Sembari menunggu berbuka puasa, ngabuburit hendaknya dilakukan dengan tujuan meraih pahala dan manfaat bagi sesama. Apa saja aktivitas yang direkomendasikan?

1. Baca Al Quran

Bulan puasa memungkinkan orang untuk pulang kerja lebih cepat atau memiliki waktu lebih banyak untuk ibadah. Mengisi waktu jelang berbuka bisa dengan membaca satu juz Al Quran.

Kegiatan lain yang bisa dipilih yakni mengaji. Tak hanya membaca Al Quran, mengaji memungkinkan orang untuk belajar ilmu fiqih dan aqidah.

2. Mendengarkan ceramah ustaz

Mereka yang di rumah kegiatan ngabuburit biasa diisi dengan persiapan menu buka puasa. Sembari persiapan atau memasak, orang dapat mendengarkan ceramah ustaz atau ustazah.

Kita tidak perlu datang ke masjid untuk menghadiri acara pengajian, apalagi di saat banyak masjid ditutup akibat wabah Covid-19. Namun, kita bisa mendengar di Youtube atau aplikasi online lainnya.

3. Kajian rutin

Bulan ramadan juga bisa dijadikan kesempatan untuk memperdalam ilmu agama Islam. Kegiatan kajian ruti bisa dijadilan pilihan saat ngabuburit. Kajian rutin dapat dilakukan bersama pemuka agama atau ustaz via online.

4. Bagi takjil gratis

Kegiatan amal tak selalu identik dengan memberikan uang. Ngabuburit bisa diisi dengan membuat makanan ringan sebagai takjil atau makanan pembuka sebelum beranjak ke menu utama. Takjil ini kemudian dapat dibagikan pada orang-orang yang kurang beruntung. Bagi-bagi takjil gratis juga bisa dilakukan di panti asuhan atau panti wreda. Bulan ramadan jadi waktu yang pas untuk memperbanyak amal. Jangan lupa, pakai masker setiap melakukan kegiatan seperti ini, ya! (ra/cnn)

DISKUSI: