Karantina di Rumah, Jangan Lupa Lakukan Olahraga Sederhana Ini

0
354

Jakarta, LiputanIslam.com–Sejak Maret hingga sekarang, situasi akibat pandemi corona tampaknya belum membaik. Akibatnya, banyak dari kita masih melakukan karantina diri di rumah dalam rangka social distancing agar memutus mata rantai penyebaran wabah. Namun, karantina diri bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga.

Melansir dari Boldsky (31/3/2020), berikut ini 5 olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan selama karantina di rumah:

  1. Superman

Latihan yang mudah dilakukan, superman bermanfaat bagi siapa saja yang kerap mengalami sakit punggung bagian bawah.  Mengingat jam-jam panjang yang akan Anda habiskan untuk duduk selama WFH, latihan ini dapat membantu memperkuat punggung bagian bawah dan atas Anda.

 Cara melakukannya: 

Berbaringlah di atas matras dengan kaki dan lengan terentang ke depan. Angkat kedua lengan dan kaki Anda secara bersamaan (10-15 cm dari lantai).  Pertahankan posisi kepala Anda netral dengan tulang belakang Anda. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Kemudian, turunkan kembali ke posisi awal.

  1. Push up

Push-up meupakan salah satu latihan yang paling sering dilakukan banyak orang. Push-up bagus untuk meningkatkan daya tahan Anda. Selain itu, push-up juga membantu membangun kekuatan, stamina, membakar kalori, dan meningkatkan ketangguhan mental Anda.

Cara melakukannya: Berbaringlah di lantai dan letakkan telapak tangan di sisi dada Anda. Tekuk siku sedikit, dorong tubuh ke atas sampai lengan Anda hampir lurus. Lalu, perlahan-lahan turunkan kembali tubuh Anda. Lakukan 2-3 set dari 12.

  1. Jumping jack

Jumping jack adalah latihan kardio terbaik. Melakukan jumping jack secara teratur dapat membantu membuat jantung Anda lebih kuat, otot lebih kuat, dan membantu penurunan berat badan. Jumping jack juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati Anda secara instan dan membantu menghilangkan stres.

Cara melakukannya:  Berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu dan tangan di samping tubuh. Lompat bersama dengan mengangkat tangan Anda ke atas kepala dan pisahkan kaki Anda.  Balikkan gerakan dan kembali ke posisi semula. Kemudian, mulailah melakukannya dengan ritme lebih cepat.

  1. Sit up

Melakukan sit up bersamaan dengan diet sehat dan aktivitas fisik lainnya, dapat membuang kelebihan lemak yang terkumpul di sekitar pinggang Anda. Sit-up juga dirancang untuk mengencangkan otot-otot inti tubuh.

Cara melakukan sit up biasa: Berbaring telentang di atas matras. Rentangkan kaki Anda di lantai, selebar pinggul. Tekuk lutut dan letakkan tangan Anda di dada. Kontraksikan perut dan tarik napas Anda. Buang napas dan angkat tubuh bagian atas, jaga agar kepala dan leher tetap rileks. Tarik napas dan kembali ke posisi awal.

  1. Plank

Gerakan ini membantu meregangkan otot-otot kaki Anda, seperti kebanyakan latihan lain yang efektif untuk menambah tinggi badan Anda. Plank juga membantu memperkuat inti tubuh Anda, meningkatkan definisi otot, dan mengurangi sakit punggung.

Cara melakukannya:  Letakkan tangan Anda langsung di bawah bahu. Angkat perut Anda sambil mengangkat pinggang Anda dari lantai.  Pertahankan garis lurus dari tumit melewati bagian atas kepala Anda, sambil menatap lantai. Tetap di posisi tersebut selama 30 detik. (ra/ayobandung.com)

DISKUSI: