Pasukan Nigeria Serang Prosesi Asyura, Enam Orang Terbunuh

0
239

Kaduna, LiputanIslam.com   Pasukan keamananan Nigeria dilaporkan telah menyerang warga yang mengadakan prosesi Asyura secara damai di Zaria, negara bagian Kaduna, hingga mengakitkan sejumlah orang tewas dan banyak lainnya terluka .

Juru bicara Gerakan Islam di Nigeria (IMN), Sheikh Abdulhamid Bello, mengkonfirmasi bahwa setidaknya empat orang tewas akibat serangan pasukan keamanan terhadap prosesi yang diadakan di Pasar Sentral Zaria pada hari Senin (8/8).

“Banyak anggota kami diserang, dan setidaknya empat orang dipastikan tewas,” kata Sheikh Bello, yang merupakan perwakilan dari pemimpin IMN Ibrahim al-Zakzaky di Zaria.

Bello mengatakan jumlah korban tewas akibat serangan itu bertambah menjadi enam orang, sementara setidaknya 50 lainnya cedera dengan berbagai tingkatan serta mendapat perawatan medis di fasilitas kesehatan.

Dia menuduh tentara melakukan “penembakan sporadis terhadap warga yang ak bersalah, termasuk anggota Syiah”.

Laporan yang belum dikonfirmasi menyebutkan bahwa keponakan Sheikh Zazaky termasuk di antara yang korban tewas.

Dikutip Iranpress, seorang saksi mata bernama Abdulhakam Muhammad mengatakan prosesi itu telah selesai dengan damai ketika polisi bergerak masuk dan mulai menembakkan gas air mata.

Dia mengatakan bahwa setelah polisi memulai serangan, tentara yang awalnya ditempatkan di depan Emir Istana Zazzau, mulai menembakkan peluru tajam, membunuh dan melukai para peserta prosesi yang meninggalkan pasar melalui bundaran Babban Dodo.

Prosesi Asyura diadakan di banyak kota dan daerah di Nigeria pada setiap tanggal 10 Muharram Hijriah untuk memperingati tragedi terbunuhnya Imam Hussein ra, cucunda Nabi Muhammad saw, di Karbala, Irak, pada tahun 61 Hijriah. (mm/presstv/saharareporter)

 

DISKUSI: