Mengerikan, 92 Tentara Chad Tewas Diserang Teroris Boko Haram

0
227

Tentara Chad

Boma, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 92 tentara dari Chad tewas diserang kelompok teroris Boko Haram yang berlangsung selama tujuh jam.

“Kami kehilangan 92 prajurit kami, perwira yang tidak ditugaskan dan perwira,” ungkap presiden Chad Presiden Idriss Deby, Selasa (24/3/2020), sembari menyebutkan bahwa serangan itu terjadi di Boma pada Minggu malam lalu.

“Ini pertama kali, kami kehilangan begitu banyak orang,” tambahnya, setelah meninjau lokasi kejadian di provinsi Lac, yang berbatasan dengan Niger dan Nigeria.

Seorang tentara mengatakan kepada AFP bahwa dalam insiden berdarah di semenanjung Boma itu bala bantuan yang dikirim juga diserang oleh Boko Haram.

Dia merinci bahwa sebanyak 24 kendaraan militer hancur, termasuk kendaraan lapis baja, dan Boko Haram juga membawa lari senjata yang mereka curi dari militer dalam speedboat.

“Musuh telah menyerang pertahanan kami dengan sengit di zona ini,” kata seorang perwira senior.

Serangan itu merupakan bagian dari gerakan bersenjata masif di wilayah Danau Chad yang luas, berawa, dan mempertemukan perbatasan Kamerun, Chad, Niger, dan Nigeria.

Selasa lalu militer Nigeria melaporkan bahwa sejumlah tentara Nigeria juga tewas di negara bagian Borno di timur laut dekat perbatasan Chad. Para penyerang menggunakan granat berpeluncur roket dan persenjataan berat lainnya dalam serangan di desa Gorgi pada Senin malam.

Tak jelas siapa pelaku serangan itu, namun kawanan bersenjata Boko Haram dan ISIS kelompok Provinsi Afrika Barat aktif di wilayah tersebut.

Menurut PBB, gerakan bersenjata Boko Haram sudah berlangsung sejak 10 tahun silam dan sejauh ini telah menewaskan 36.000 orang serta menyebabkan pengungsian sebanyak hampir dua juta orang  di Nigeria timur laut. (mm/aljazeera)

DISKUSI: