UNDP PBB: Indek Pembanguan Manusia Indonesia Meningkat

0
136

Sumber: youtube.com

Jakarta, LiputanIslam.com– United Nations Development Program (UNDP) Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa sejak 20 tahun terakhir untuk pertama kalinya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia mengalami peningkatan yang baik. IMP Indonesia salah satu yang paling tinggi di wilayah kawasan.

“Nilai IPM Indonesia untuk 2018 adalah 0,707, yang menempatkan negara ini dalam kategori pembangunan manusia yang tinggi, berada di posisi 111 dari 189 negara dan wilayah,” tulis laporan UNDP, seperti dilansir setkab.go.id Jakarta pada Rabu (11/12).

Perwakilan UNDP Indonesia, Christophe Bahuet menilai masuknya Indonesia dalam kelompok dengan IPM tinggi adalah tonggak bersejarah bagi Indonesia. Sejak tahun 1990 hingga 2018, nilai IPM Indonesia meningkat 34,6 persen, dari 0,525 menjadi 0,707.

“Prestasi ini adalah hasil dari komitmen nasional yang kuat untuk pembangunan manusia, yang tidak hanya bertumpu pada pertumbuhan ekonomi tetapi juga kesejahteraan masyarakat, khususnya kesehatan dan pendidikan,” ucapnya.

Baca: PB Mathlaul Anwar Dukung Harmonisasi Umat Beragama

Laporan UNDP itu juga membawa pesan yang perlu diperhatikan Indonesia dalam pembangunan manusia untuk kemajuan lebih lanjut yaitu perlunya mengurangi kesenjangan, dan mengantisipasi kesenjangan baru di masa depan. “UNDP akan terus menjadi mitra Indonesia untuk kemajuan pengembangan manusia,” tambahnya. (aw/setkab/kompas).

 

DISKUSI: