Sumber: jabarnews.com

Subang, Liputanislam.com– Ribuan masyarakat Subang Jawa Barat yang terdiri dari para santri Pesantren Darusalam, Ulumul Quran, MI Simpar, PAUD dan MD Al-Hidayah menggelar pawai obor dalam menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriah. Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU), H Amir Syarifudin mengatakan bahwa pawai obor diadakan untuk mengenalkan kepada generasi muda dan masyarakat umum bahwa ada tahun baru Islam, selain tahun baru Masehi.

“Kegiatan ini dibuat agar generasi selanjutnya tidak hanya kenal dengan tahun baru masehi. Sebab tidak sedikit saat ini orang hanya kenal dengan tanggal yang ada dalam kalender masehi saja dan lupa dengan tanggal di kalender hijriyah,” ucapnya di Subang, Jawa Barat, pada Senin (10/9).

Acara obor dilakukan secara tertib dan khidmat sambil menyanyikan lagu-lagu islami dan shalawat. Kemudian dilanjutkan dengan doa bersama di alun-alun. Menurut Amir, momentum tahun baru hijriyah mestinya dijadikan bahan muhasabah sekaligus motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Oleh sebab itu panitia menggelar puncak kegiatan dengan doa bersama dan istighatsah di Alun-alun Desa Simpar,” katanya.

Doa bersama, lanjut dia, diharapkan bisa membawa berkah bagi para santri, ustadz, orang tua, masyarakat dan Desa Simpar pada khususnya serta NKRI pada umumnya. “Sehingga bisa menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” ungkap H Amir. (ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*