Sumber: indoadvent.blogspot.com

Ternate, Liputanislam.com– Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Republik Islam Iran mengundang beberapa daerah di Indonesia untuk menampilkan tradisi dan budaya lokalnya pada pameran kebudayaan Internasional di Teheran Iran pada tanggal 12 – 15 Februari 2019 mendatang. Bengkulu dan Ternate merupakan daerah yang ikut diundang pada acara Teheran International Tourism Exhibition T.I.T.E 2019 tersebut.

Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Kota Ternate Rinto Thaib, pada Kamis (24/1) mengatakan bahwa Ternate pada masa lalu memiliki hubungan yang baik dengan Persia (Iran). Oleh karena itu, rencananya permainan Tradisional Bambu Gila asal Ternate atau biasa dikenal Moloku Kie Raha Baramasauen akan dipentaskan pada pameran internasional tersebut.

Menurutnya, sejarah Ternate pada masa lalu yang sangat kental dengan budaya persia bukan hanya soal agama tetapi kesenian, interaksi sosial hingga tradisi yang masih berlaku di masyarakat saat ini merupakan sesuatu yang menarik untuk di tampilkan karena memiliki ikatan emosional sejarah masa lalu.

”Budaya Persia bukan hanya soal agama tetapi kesenian serta interaksi sosial sehingga sejarah Ternate masa lalu hingga saat ini sangat kental dengan budaya Persia,” ungkapnya.

Rinto menambahkan bahwa pihaknya juga akan membuka stand pameran untuk mempromosikan Ternate pada event itu. Selain Ternate dan Bengkulu, ikut di undang juga Pasuruan, Pekalongan dan Aceh untuk menampilkan kebudayaannya di Iran. (aw/indonews).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*