Jakarta, LiputanIslam.com—Apakah Anda berencana jalan-jalan ke Lembang dalam waktu dekat? Anda bisa mampir ke Observatorium Bosscha, tempat di mana Anda dan anak-anak bisa berwisata sekaligus belajar tentang astronomi.

Teropong ganda Zeiss tersimpan di dalam rumah berkubah putih yang dibangun pada tahun 1923. Merupakan karya K.C.P w. Schoemaker yang dalam proses pembangunannya mendapat bantuan dana oleh tuan tanah K. A. R. Bosscha.

Di dalam ruang observatorium, pemandu menjelaskan banyak tentang Teleskop Zeiss dan bagaimana cara menggunakan teleskop tersebut untuk mengamati gugusan bintang.

Terdapat lantai berbentuk lingkaran dengan motor penggerak yang digunakan untuk menggerakan lantai naik dan turun sehingga penggunaan teleskop bisa diatur secara fleksibel oleh penggunanya.

Ada pula tangga kecil menuju lantai dua di mana terdapat teleskop berukuran kecil yang biasa digunakan untuk meneropong bulan.

Teleskop Zeiss memiliki diameter lensa 60 cm dengan panjang fokus mencapai 10,7 m, dilengkapi dengan teropong pencari berdiameter 40 cm dengan medan pandang sebesar 1,5 derajat. Teropong ini berfungsi untuk mengamati bintang ganda, planet dan gerak bintang dalam gugusan bintang.

Yang menjadikan alasan mengapa dulunya tempat ini dijadikan spot dibangunnya teropong observasi adalah letaknya yang berada di ketinggian dengan kontur tanahnya yang relatif stabil.

Selain itu, Lembang dulunya tempat yang relatif sepi dan terhindar dari polusi udara maupun cahaya sehingga layak dijadikan tempat untuk mengamati bintang.

Lanjut ke dalam ruangan multimedia, kita dijelaskan lebih lanjut mengenai observatorium Bosscha, alat teleskop, cara penggunaan teleskop, mengenai observatorium yang ada di negara lain dan gugusan bintang hasil proyeksi teleskop yang ada disana.

Sangat menarik sekali berwisata sekaligus belajar mengenai astronomi dengan berkunjung ke Bosscha. Untuk memasuki area Bosscha, pengunjung cukup membayar Rp 15.000 saja.

Terdapat dua waktu kunjungan, siang dan malam. Apabila ingin mengunjungi pada waktu malam hari, pengunjung dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan informasi yang bisa diakses pada situs web Bosscha. (ra/detik)

*sumber foto: infobdg.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL