Bandung, LiputanIslam.com—Jika sedang melakukan perjalanan di Bandung, alangkah rugi jika tidak berkunjung ke  Ranca Upas, sebuah tempat wisata yang asyik buat kemping dan bertemu rusa-rusa cantik di penangkaran.  Bahkan pernyanyi Raisa membuat video klipnya di sini lho!

Kampung Cai Ranca Upas atau sering disebut dengan Ranca Upas terletak di Ciwidey, Bandung. Objek wisata ini berada tidak jauh dengan Kawah Putih dan Situ Patenggang, jadi kamu bisa mengunjungi beberapa objek wisata dalam satu tempat. Jarak dari pusat Kota Bandung ke Ciwidey kurang lebih 50 km atau 90 menit berkendara jika jalanan lancar.

Untuk harga tiket masuk ke Ranca Upas tergolong murah. Hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang dan membayar parkir Rp 5.000 untuk roda empat, Rp 2.000 untuk roda dua, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan di sana.

Biasanya, wisatawan memilih untuk menginap karena ingin melihat sunrise di sana. Ranca Upas juga sering sekali digunakan sebagai bumi perkemahan. Bagi yang tidak memiliki tenda dan peralatannya jangan khawatir, di sekitar sana banyak warung yang menyewakan peralatan kemping.

Jangan lupa untuk membawa jaket tebal dan kaos kaki karena di malam hari Ranca Upas sangat dingin. Paling enak sih makan mie instan malem-malem di warung di sekitar sana. Nikmat.

Jam 4 pagi, biasanya wisatawan sudah banyak yang bangun untuk melaksanakan ibadah solat subuh berjamaah. Airnya sangat dingin di sana. Setelah solat, wisatawan bersiap-siap mencari spot sunrise dan menikmati matahari terbit perlahan beserta kabut yang mengiringinya.

Penangkaran rusa menjadi tempat favorit ketika mengunjungi Ranca Upas. Di sana, kita bisa langsung berinteraksi dengan rusa tanpa dihalangi pagar pembatas. Tetapi, kamu tetap harus hati-hati.

Selain bermain-main, kamu juga bisa memberi makan rusa dengan membeli sayuran yang disediakan dengan harga Rp 10.000, dan menyewa sepatu boots ketika tanah di penangkaran becek dengan harga Rp20.000.

Tertarik untuk menikmati keindahan alam pegunungan sambil bermain dengan rusa? Yuk, liburan ke Ranca Upas! (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL