tirta-gangga-bali Jakarta, LiputanIslam.com–Lagi ada di Bali dan bingung menghabiskan liburan Tahun Baru di mana? Anda mesti mampir ke Tirtagangga, sebuah taman air yang sangat cantik dan tidak kalah dengan Taman Ujung Soekasada.

Tirtagangga merupakan tempat yang dibangun sejak tahun tahun 1948 oleh Raja Anak Agung Anglurah Ketut. Tidak terlalu jauh dari Amlapura yang merupakan Ibukota Kabupaten Karangasem. Kita tinggal gerakkan kompas kita dan ikuti kemana arah utara. Hanya sekitar 5 KM ke utara dari Amlapura.

Dahulu tempat ini merupakan sebuah mata air besar yang di manfaatkan masyarakat sekitar untuk air minum dan penyucian Ida Betara (para Dewa). Dan kemudian Raja Karangasem membangunnya dan dinamakan Tirtagangga.

Kesan pertama kali yang saya dapat saat saya berkunjung ketempat ini adalah sejuk. Luar biasa sejuk dipadukan dengan banyaknya mata air alam yang keluar dari beberapa patung. Percikan-percikan air yang melompat membentuk gradasi air yang indah. Dari kejauhan seperti nampak sebuah asap putih di sekitarnya.

tirta-gangga-2Sempatkan juga untuk mencoba berjalan di atas kolamnya. Kita akan merasakan sensasi yang luar biasa. Dibalut ikan-ikan yang begitu banyaknya menunggu pengunjung melemparkan makanannya.

Berjalanlah lagi sampai kita melihat kolam permandian. Kita bisa berenang di sebuah kolam cantik yang begitu segar. Yang dikelilingi bukit yang gagah. Moment apa lagi yang kurang? Tidak ada, karena mata kita akan di manjakan dengan pemandangan yang segar dan asri, seperti tengah memasuki taman para dewa.

Bayangkan, untuk menikmati semua itu kita hanya merogoh kocek Rp 5.000 per orang. Bukankah tempat yang menarik untuk dikunjungi? (ra/kompas)

 

*sumber foto: (1) http://www.tabloidwisata.com/tirta-gangga-karangasem-bali/

                          (2) http://www.bali-tourism-board.com/tirta-gangga/

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL