Jakarta, LiputanIslam.com—Berpuasa tidak bisa menjadi alasan untuk tidak traveling. Meskipun rasa lapar dan haus memang bisa menguras tenaga saat melakukan perjalanan, Anda tetap bisa menghalau itu semua dengan cara yang benar. Jadi, apa aja sih, yang bisa dipersiapkan untuk jalan-jalan saat sedang berpuasa?

 

1. CARI TAHU WAKTU SAHUR DAN BERBUKA DI TEMPAT LIBURAN

Nggak semua destinasi traveling memiliki waktu sahur dan berbuka yang sama. Sebelumnya, kamu harus cari tahu dulu, waktu sahur dan berbuka di tempat liburan melalui internet atau bertanya pada teman. Zaman sekarang pun makin canggih. Kamu bisa mengunduh aplikasi untuk mengingatkan jam sahur dan buka puasa.

2. SEBAIKNYA Tidak MELAKUKAN AKTIVITAS BERAT

Memang sih, olahraga dianjurkan ketika berpuasa, tapi olahraga yang bisa dilakukan saat puasa cuma olahraga ringan, seperti jalan santai. Jadi, lupakan dulu yang namanya naik gunung, trekking, atau main arung jeram. Pilihlah aktivitas traveling yang ringan dan santai, misal mengunjungi museum atau tempat ibadah bersejarah, hunting foto di galeri seni, belanja di factory outlet, dan lain-lain.

3. PILIHLAH DESTINASI YANG RAMAH MUSLIM

Di destinasi traveling yang ramah Muslim, biasanya rumah makannya banyak yang ditutup ketika siang hari, sehingga kamu terhindar dari godaan makanan dan minuman. Dan ketika jam buka puasa dan sahur, bakal banyak rumah makan yang dibuka. Kamu jadi mudah mencari makanan dan minuman untuk buka puasa dan sahur.

4. JANGAN MELEWATKAN IBADAH

Untuk memperkuat iman kamu supaya nggak batal puasa, tentu aja kamu juga harus rajin beribadah. Meski sedang traveling, jangan sampai lupa dengan waktu ibadah, ya! Waktu beribadah juga bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat sebentar setelah capek traveling.

5. SEDIAKAN CAMILAN DAN AIR PUTIH DI DALAM TAS

Buat berjaga-jaga aja, sih. Takutnya ketika jam buka puasa sudah tiba, kamu belum menemukan resto atau rumah makan untuk buka puasa. Camilan dan air putih sangat membantu untuk berbuka puasa di jalan. Kalau bisa sih, camilannya berupa makanan manis.

6. PILIH TRANSPORTASI YANG NYAMAN

Misal, jarak dari tempat wisata ke hotel cukup jauh. Nggak mungkin kan kamu berjalan kaki dari tempat wisata ke hotel? Lebih baik cari kendaraan umum yang nyaman, sehingga kamu nggak kehabisan tenaga hingga waktunya buka puasa.

7. JANGAN LEWATKAN SAHUR

Biasanya sih, ketika traveling kita malas bangun pagi, apalagi bangun untuk sahur. Mungkin kamu lebih butuh tidur daripada makan, tapi sahur nggak boleh dilewatkan, lho. Sahur penting banget, yaitu supaya kamu punya energi yang cukup hingga buka puasa tiba. Kalau nggak punya tenaga, takutnya kamu malah sakit saat traveling! Saat sahur, usahakan makanan makanan bergizi dan hindari junk food. Begitu pula saat buka puasa. (ra/pegipegi.com)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*