Jakarta, LiputanIslam.com—Jalan-jalan ke berbagai belahan dunia pastinya merupakan dambaan setiap orang, termasuk bagi orang-orang beragama Islam. Namun status sebagai seorang Muslim bisa mendatangkan berbagai tantangan, misalnya ketersediaan makanan halal, keterbatasan tempat ibadah, hingga ketakutan tentang bagaimana masyarakat di kota tempat berkunjung akan memperlakukan Anda.

Tapi hal-hal itu tidak boleh menyurutkan semangat Anda untuk melangkahkan kaki ke tempat yang lebih jauh. Untuk itu, mari baca tips di bawah ini yang akan membantu para traveler Muslim bisa jalan-jalan nyaman, lancar, dan menyenangkan.

1. Riset Mendalam Tentang Tempat yang Ingin Anda Tuju.

Sebagai seorang traveler muslim, riset yang perlu Anda lakukan mungkin terasa sedikit lebih rumit dibandingkan dengan traveler non-muslim. Misalnya saja, Anda tidak hanya perlu mencari tahu tentang harga makanan di negara setempat tapi juga perlu mengetahui kandungan dari makanan tersebut: apakah makanan terkait mengandung zat yang diharamkan atau tidak.

2. Jika Tempat yang Anda Kunjungi Tak Punya Mayoritas Islam, Jangan Lupa Unduh App Arah Kiblat Untuk Kelancaran Ibadahmu Di Sana

Di beberapa negara yang notabene bukanlah negara Islam, informasi seputar arah kiblat bisa jadi barang langka yang dibutuhkan keberadaannya. Misalnya saja ketika Anda memutuskan berlibur ke Bangkok, di sana akan sulit ditemukan penginapan yang di dalamnya tersedia informasi petunjuk arah kiblat. Padahal untuk tetap bisa memenuhi kewajiban agama yang satu ini, sebagai umat Muslim kita perlu mengetahui arah kiblat yang tepat. Maka dari itu sebelum pergi ada baiknya Anda mengunduh aplikasi penunjuk arah kiblat yang kini banyak tersedia. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut bisa mempermudah Anda menjalankan ibadah shalat meskipun tidak tersedia penunjuk kiblat.

3. Jaga Makanan yang Masuk ke Tubuh.

Menemukan makanan halal juga menjadi tantangan tersendiri bagi Anda pengelana Muslim. Namun asal Anda tahu tips dan trik mengenali makanan yang halal dan tidak, tidak perlu pusing memikirkan soal isi perut. Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah mengenali kandungan makanan dari kandungan yang tertera pada bungkus makanan. Misalnya:

Di Korea

돼지 고기  = Ham = babi

Di Jepang

豚肉 = Butaniku = babi

Di Thailand

เนื้อหมู = Neụ̄̂x h̄mū = babi

Jangan ragu mencatat istilah-istilah itu, atau mencocokkan dengan huruf yang tertera pada bungkus makanan dan buku menu tempat Anda makan.

5. Jika Masih Ragu, Makan Saja di Restoran Vegetarian.

Jika masih merasa tak yakin dengan kandungan makanan yang tersedia di berbagai restoran pada destinasi liburan Anda, ada baiknya Anda menyambangi restauran khusus vegetarian. Jenis restoran ini bisa dibilang paling aman bagi Anda yang punya masalah kesehatan dan butuh makanan halal. Ada banyak restauran vegetarian yang tersebar di berbagai negara. Jangan takut untuk mencoba berbagai makanan vegetarian karena umumnya rasanya enak lho.

6. Jangan Takut Mengenakan Jilbab Ketika Berpergian: Banyak Orang Luar yang Justru Akan Merasa Lebih Hormat Ketika Melihat Anda Berhijab

Jangan takut! Mengenakan jilbab bukanlah halangan bagi Anda bepergian. Kemungkinan yang lebih besar justru adalah Anda mendapat rasa hormat dan segan dari orang-orang yang melihat Anda. Jangan kaget saat nanti tidak akan ada orang di jalan yang bersiul atau suit-suit mengganggumu. Sebagian besar orang akan mengagumi penampilanmu yang mengedepankan kesopanan. (ra/hipwee)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*