Jakarta, LiputanIslam.com—Menaiki transportasi kereta api jarak jauh pada malam hari ternyata tak lepas dari tindakan kriminal. Buktinya adalah video pencurian tas di dalam kereta api yang viral baru-baru ini di media sosial.  Mayoritas tindak pencurian datang tidak hanya karena ada kesempatan tapi juga kerap direncanakan.

Berikut tips aman dan antisipasi kejahatan saat melakukan perjalanan jauh di kereta api.

  1. Memerhitungkan barang bawaan

Barang bawaan baiknya diperhitungkan, jangan terlalu banyak sehingga sulit untuk dipantau ketika berada di gerbong kereta.

  1. Minimalisir barang berharga

Barang berharga selalu menjadi incaran pencurian. Mayoritas barang yang dicuri ialah seperti telepon genggam yang berlebih, laptop, uang tunai, dan sebagainya.

Banyaknya barang berharga yang dibawa juga kerap menimbulkan kesepatan orang berbuat jahat, walaupun tidak direncanakan.

  1. Kenali penumpang sekitar Anda dan tetap waspada

Berbincang dengan penumpang nampaknya mejadi salah satu tips yang patut dicoba. Cobalah berbincang untuk sekedar mengenal mereka, siapa tahu mereka mencurigakan.

Namun, Anda juga jangan mudah percaya bahkan memberitahu banyak informasi sensitif, seperti barang bawaan Anda ke penumpang sekitar.

  1. Taruh barang pada tempatnya

Jaga barang bawaan Anda tetap dalam jangkauan. Seperti di pangkuan untuk tas kecil, atau di dekat kaki Anda dan posisi lain yang mudah dijaga. Usahakan jangan menaruh barang bawaan di bagasi kabin kursi lain.

  1. Usahakan tetap terjaga

Perjalanan malam memang kerap dimanfaatkan pengguna kereta api untuk beristirahat. Tetapi jika Anda tidak terlalu lelah, cobalah untuk tetap terjaga terutama ketika membawa banyak barang. (ra/kompas)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL