Jakarta, LiputanIslam.com—Keterlambatan pesawat tentu sangat mengesalkan bagi penumpang. Jadwal dan rencana yang menjadi berantakan, dan waktu menunggu di bandara yang begitu membosankan.

Jika Anda tak ingin terkena delay, ternyata waktu penerbangan pada pagi hari adalah jadwal terbaik. Sebuah penelitian dari The Berau of Transportation Statistics, Amerika Serikat menyimpulkan jika penerbangan di pagi hari cenderung tidak pernah terlambat terbang.

“Untuk menghindari keterlambatan terbang, jadwal terbang terbaik adalah sebelum jam 8 pagi. Sedangkan keterlambatan terbang akan semakin menumpuk, mencapai puncak ketika jam 6 sore,” sesuai dikutip dari Travel and Leisure.

Dijelaskan juga, jika pada pagi hari lalu lintas di udara cenderung sepi. Lantaran kebanyakan pesawat mendarat di malam hari. Ketika terlalu ramai pesawat di udara dapat menyebabkan antrean untuk mendarat dan lepas landas. Hal itu akhirnya berpengaruh pada ketepatan waktu penerbangan.

Selain itu, penelitian lain dari The National Severe Storms Laboratory juga menyatakan jika penerbangan di pagi hari cenderung lebih terhindar dari turbulensi dibanding penerbangan di sore hari.

Bagi penumpang yang tidak suka keramaian, mengambil jadwal penerbangan di pagi hari juga dianjurkan. Kebanyakan bandara internasional besar, cenderung sepi pengunjung di pagi hari.

Kabar gembiranya maskapai sering kali memberi harga tiket penerbangan di pagi hari lebih murah dibanding jadwal penerbangan di waktu lain.

Namun bagi yang tak terbiasa bangun di pagi hari, tentunya perlu perhatian ekstra untuk memasang alarm dan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik di malam hari agar perjalanan lancar keesokan hari.  (ra/kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*