Jakarta, LiputanIslam.com—Mungkin banyak yang tidak tahu, salah satu gelar Lombok adalah Pulau Seribu Masjid. Dari banyaknya masjid di sini, ada satu masjid yang disebut termegah sekaligus jadi pusat kebudayaan, yaitu Masjid Islamic Centre Mataram.

Masjid ini dibangun diatas lahan sejumlah kurang lebih 7 hektar dan terletak di sudut jalan yang merupakan jalan utama di Kota Mataram. Masjid ini tampak begitu megah dengan memadukan arsitektur bangunan tradisional Lombok dan Sumbawa yang di dominasi oleh warna kuning dan hijau.

Begitu memasuki area masjid ini, kita akan dibuat kagum oleh bentuk dan arsitekturnya. Kubah – kubah besar di Masjid ini membuat kesan megah pada Masjid ini sangat terasa. Kita bisa menyaksikan menara – menara Masjid yang menjulang setinggi 99 meter yang terinspirasi dari 99 nama Allah yang agung, yaitu Asma’ul Husna.

Tampak sekali jika Masjid ini memang dibangun dan di desain secara modern. Selain terdapat tangga, kita juga bisa menjumpai eskalator dan lift yang dapat digunakan oleh para jama’ah yang sudah berumur ataupun para jamaah yang tidak memungkinan untuk menggunakan tangga untuk menuju ke bagian utama dari Masjid ini.

Di bagian pintu masuk Masjid ini terdapat bedug berukuran besar dengan tulisan ‘Persatuan Islam Tionghoa Indonesia’. Bukan bentuk atau ukurannya saja yang menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung yang datang, namun hal yang lebih menarik adalah bedug ini adalah sebagai simbol bahwa Islam merupakan agama persatuan tanpa membedakan ras dan suku bangsa.

Di halaman Masjid ini pun dapat kita jumpai beberapa sarana tempat mengambil air wudhu yang dibangun dengan apik. Tampaknya pengurus Masjid ini sudah mengantisipasi agar tidak terjadi antrian panjang bagi para jama’ah yang akan menunaikan ibadah di Masjid ini.

Memasuki ruangan dalam Masjid, kita dapat meilhat langit-langit Masjid yang diberikan sentuhan batik khas Lombok, yaitu batik Sasambo dan di dominasi oleh warna biru dan putih yang sangat menyejukan. Atap -atap Masjid ini pun dihiasi dengan kaligrafi lafadz Asma’ul Huna. sedangkan tembok-tembok yang ada di ruangan Masjid ini di dominasi oleh warna keemasan, sehingga menambah kesan megah pada Masjid ini.

Satu hal yang menarik yang ada di Masjid ini adalah kita bisa menikmati suasana kota Mataram dari ketinggian dengan menaiki tangga melalui menara yang ada di Masjid ini.

Nah, siapa bilang Lombok hanya identik dengan pantai saja? tenyata wisata ke Masjid termegah di Pulau ini pun sangat menyenangkan lho. (ra/detik)

*sumber foto: http://travelplusindonesia.blogspot.co.id

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL