Magelang, LiputanIslam.com– Hutan Pinus Kragilan akhir-akhir ini jadi salah satu spot paling hits di Magelang. Pemandangannya begitu indah hingga membius, dan bisa juga dijadikan tempat ngabuburit sebelum berbuka puasa.

Meski namanya hutan, sama sekali tidak ada kesan seram di sini. Justru selama di sini pengunjung akan dimanjakan pesona hutan yang masih alami. Kawasan ini yang baru nge-trend di Kabupaten Magelang, ramai sekali saat akhir pekan.

‘WELCOME to TOP SELVIE’, tulisan yang mencolok mudah terbaca menjadi penuntun menuju hutan ini.

Secara administratif, Hutan Pinus Kragilan berada di Desa Kaponan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Untuk ke sini, jika dari arah Yogyakarta rute-nya : Yogya-Muntilan-Blabak-Ketep-Kopeng. Jika bertemu di spot wisata Ketep pass, tinggal 4 kilo lagi. Adanya sebelah kiri.

Sebuah jalan kecil yang membelah kelebatan hutan, menjadi daya tarik utama. Jalan kecil yang bisa dilalui motor atau mobil. Foto selfie di tengah jalan, di antara kelebatan hutan, kerapkali menjadi pilihan traveler.

Yang tidak ingin foto selfie, akan menunggu entah itu sepeda motor, sepeda, atau mobil yang melintas. Menjadi pemandangan yang fotogenic.

Antara pukul 06.00 sampai 08.00 pagi adalah waktu yang di rekomenkan tiba disini. Masih sepi pengunjung. Selain itu, kita dapat merasakan udara segar yang bebas polusi. Masih terlihat kabut turun, menambah daya tarik menjadi obyek foto.

Sebagai bagian dari Taman Nasional Gunung Merbabu, berharaplah datang pagi yang disambut cuaca cerah. Suguhan pemandangan kelebatan hutan cemara menjadi rentetan lukisan alam yang indah. Gunung Merapi juga bisa dilihat di sini.

Pungutaan retribusi cukup murah. Jika membawa mobil dikenakan parkir sebesar Rp 10 ribu. Motor Rp 5 ribu saja. Selanjutnya per-pengunjung dikenakan Rp 2 ribu.

Dana ini digunakan untuk mengelola kawasan agar selalu tampil menarik. Toilet umum yang layak, sejumlah wahana permainan, bisa di bangun dari retribusi ini.

Puas ber-selfie ria, perut lapar atau sekedar ingin sharing foto sambil menikmati kopi dan teh panas, bisa mampir di salah satu warung. Keberadaan beberapa warung yang dikelola warga setempat, pasti dibutuhkan pengunjung.

Kalau begitu lengkapi foto menarik dari Hutan Kragilan di instragram Anda. Siapa tahu foto yang di tampilkan menggugah yang belum pernah menjadi tertarik dan datang ke sini. (ra/kompas)

*sumber foto:  (1) jalancerita.com  (2) kompasiana

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL