sunset-Tanah-Lot-2Bali, LiputanIslam.com–Bali menyimpan banyak kecantikan dan keeksotikan alam yang menjadi magnet wisatawan dari berbagai negara. Salah satu situs wisata yang terkenal di sini adalah Tanah Lot, sebuah situs yang menyatukan pantai dengan pura, tempat ibadah orang Hindu. Dua pura berdiri gagah di atas bongkahan batu karang dan tebing dan menjadi siluet yang cantik ketika matahari di belakangnya hampir terbenam.

Pura Tanah Lot merupakan tempat pemujaan pada dewa laut, hal ini pula yang membuat pura ini dibangun di lokasi yang sangat dekat dengan laut. Wisatawan tidak diperbolehkan masuk ke dalam bangunan pura untuk menjaga kesucian dan kesakralan tempat ibadah ini.

Saat air pasang, Anda bisa melihat Pura Tanah Lot seperti mengapung di atas air. Lain halnya saat air surut, di bawah pura terdapat lubang-lubang kecil layaknya gua yang ditempati banyak ular ekor pipih dengan warna hitam berbelang kuning. Konon, ular ini adalah penjaga pura dan memiliki racun 3 kali lebih kuat dari ular kobra. Ular-ular ini relatif jinak dan tak akan menyerang kecuali jika diganggu.

Keunikan lain dari Tanah Lot ini adalah adanya sumber mata air tawar yang disebut dengan Air Pabersih. Sumber mata air ini tentu saja merupakan sebuah keajaiban tersendiri karena terletak di tengah pantai yang berair asin. Menurut warga setempat, sumber mata air tawar ini pula yang menjadi salah satu alasan dipilihnya pantai ini sebagai lokasi pendirian Pura Tanah Lot karena dianggap sebagai tempat yang suci.

Tanah Lot berjarak sekitar 1 jam dari Bandara atau sekitar 45 menit dari Pantai Kuta yang merupakan tempat wisata populer di Bali lainnya. Tempat wisata ini banyak dikunjungi terutama saat menjelang sore karena pemandangan matahari terbenamnya yang terkenal cantik.

Harga tiket masuk Tanah Lot adalah 15.000 Rupiah. Harga yang cukup murah untuk bisa menikmati wisata religi sekaligus pantai dalam satu tempat wisata di Bali. (ra/anekatempatwisata.com)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL