Jakarta, LiputanIslam.com—Mudik Lebaran dengan menaiki kereta memang menjadi pilihan untuk jutaan orang, bahkan sudah jadi tradisi. Tahun lalu saja tercatat 727.448 orang mudik naik kereta dari Stasiun Gambir, Stasiun Senen dan stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta.

Dibandingkan dengan naik mobil atau bus, mudik naik kereta memang asyik. Tidak usah pusing memikirkan macet di jalan. Tinggal duduk tenang di gerbong dan menikmati pemandangan indah jendela kereta.
Tetapi, mudik naik kereta tetap butuh persiapan dan tahu kiat-kiatnya agar tetap nyaman dalam perjalanan. Dihimpun detikTravel, inilah tips persiapan mudik naik kereta:

1. Pakai baju dan alas kaki nyaman

Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum naik kereta adalah baju dan alas kaki. Usahakan untuk pakai alas kaki yang nyaman. Sepatu kets yang empuk atau sepatu sandal bisa jadi pilihan.

Baju yang nyaman dan menyerap keringat jangan sampai lupa. Stasiun kereta pasti penuh, kereta pun juga penuh. Sehingga baju yang nyaman bisa membuat perjalanan makin enak. Bantal leher bisa jadi tambahan untuk duduk nyaman di kereta.

Tidak usah heboh mengenakan pakaian saat mudik naik kereta. Simpan baju terbaik kamu untuk Hari Lebaran.

2. Bawa benda pengusir bosan

Bandung, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya adalah kota-kota besar tujuan para traveler yang mudik naik kereta. Mungkin di antara kalian ada juga yang mudik ke kota-kota tersebut?

Perjalanan yang panjang bisa disiasati dengan benda-benda pengusir bosan. Bawa buku favorit kamu untuk dibaca di perjalanan. Sengaja beli buku bacaan sebelum mudik oke juga tuh.

Bawa juga pemutar musik favorit kamu yang sudah diisi dengan lagu-lagu kesukaan. Kalau kamu pulang ramai-ramai, bawa permainan seperti kartu atau board games kecil yang asyik dimainkan bersama.

3. Siap mental dan sabar

Ada ratusan ribu orang lain yang mau mudik Lebaran naik kereta. Jadi siapkan mental dan banyak bersabar. Kalau stasiun penuh sesak, masuk kereta senggolan dengan orang lain, bingung cari nomor tempat duduk, wah jangan emosi ya.

Banyak berpikir positif misalnya keluarga yang menunggu di kampung halaman, atau bayangkan pemandangan indah sepanjang jalan. Jadi, nikmati saja perjalanannya dengan dibawa gembira.

  1. Tetap hati-hati dan waspada

    Faktor keamanan harus diperhatikan saat mudik Lebaran naik kereta. Jangan pakai perhiasan berlebihan. Hati-hati dengan dompet dan ponsel saat ada di stasiun dan kereta.

    Hati-hati menerima pemberian makanan dari orang asing, lebih baik makan bekal sendiri. Kalau ngantuk dan mau tidur, pastikan tas kamu aman atau gantian tidur dengan kerabat dan keluarga.

    5. Berburu tiket jauh-jauh hari

    Jangan lupa ya, tiket kereta bisa dibeli sejak H-90 keberangkatan. Nah, yang biasa jadi incaran adalah tiket mulai dari H-7 Lebaran yang sudah masuk musim arus mudik.

    Biasanya orang-orang akan rebutan pembelian tiket kereta H-90. Oleh karena itu kamu jangan sampai kehabisan dengan memanfaatkan penjualan tiket kereta mudik online. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*