Jakarta, LiputanIslam.com—Kekayaan alam Indonesia sungguh tak terbatas. Salah satunya terletak di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, yang mempunyai sederet tempat wisata yang menawarkan beragam keindahan panorama alam.

Beragam destinasi wisata dengan ciri khas panorama alam yang menawan banyak menjadi tujuan para wisatawan ketika berkunjung ke Kulon Progo.

Salah satu tempat dengan panorama alam yang menawan di Kulon Progo yaitu ialah Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu merupakan wisata air terjun yang masih sangat alami. Nuansa sekitarnya pun masih sangat menyatu dengan alam.

Selain keindahan alam yang memesona tersebut, ternyata Grojogan Sewu memiliki cerita sejarah yang menarik.

Setiagit, pengelola lokasi wisata Grojogan Sewu menceritakan, konon menurut cerita turun-temurun dari sesepuh masyarakat bahwa Grojogan Sewu tersebut memiliki kaitan yang erat dengan legenda pewayangan Mahabarata.

Air terjun yang terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo tersebut konon menjadi tempat pertapaan Prabu Baladewa.

“Menurut cerita turun-temurun di masyarakat, dulu Grojogan sewu ini merupakan tempat Baladewa bertapa saat perang Baratayuda,” ujar Setiagit.

Menurut informasi yang ia dapat, konon Prabu Kresna, adik dari Prabu Baladewa meminta kakaknya Prabu Baladewa untuk bertapa di Grojogan Sewu.

Kresna meminta Prabu Baladewa bertapa agar kakaknya tersebut tidak ikut dalam perang Baratayuda.

Kresna berpikir karena suara gemuruh yang dihasilkan dari air terjun setinggi 15 meter tersebut mampu meredam suara peperangan Baratayuda.

Dari cerita yang didapat Setiagit, ternyata taktik Kresna tersebut berhasil, suara riuh serta gemuruh air di Grojogan Sewu tersebut mampu meredam suara perang Baratayuda.

Pada akhirnya saat perang Baratayuda pecah, Prabu Baladewa tetap bertapa dan tidak tahu jika perang Baratayuda sedang berlangsung.

Konon menurut cerita dari masyarakat sekitar, di dekat air terjun tersebut terdapat sebuah goa yang biasa disebut Goa Pleret oleh masyarakat sekitar.

Masyarakat sekitar percaya bahwa konon Prabu Baladewa bertapa di dalam goa tersebut. (ra/kompas)

*sumber foto: (1)tempatwisatamu.com (2)katalogwisata.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL