Cianjur, LiputanIslam.com—Jika berpergian ke Cianjur, tak ada salahnya Anda dan keluarga mengunjungi Taman Bunga Nusantara. Pasalnya, taman seluas 35 hektar ini punya banyak tema dan disebut-sebut seperti di Eropa.

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Jl Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sekitar 4 jam lebih perjalanan ditempuh dari Jakarta saat akhir pekan. Lewat Tol Jagorawi, terus ke arah Puncak Pass dan lalu tinggal ikuti petunjuk jalan.

Tiket masuk mobil sebesar Rp 10 ribu. Sedangkan tiket masuk ke Taman Bunga Nusantaranya sendiri, Rp 30 ribu. Suasana sejuk menyambut pengunjung di sana dengan hamparan bunga-bunga berwarna-warni yang membentang sejauh mata memandang.
Begitu masuk ke dalamnya, topiari atau seni memotong pohon berbentuk merak terlihat anggun. Dibutuhkan kurang lebih 25 ribu tanaman berbungga untuk membentuk burung merak ini. Tak ayal, topiari jadi incaran atau bisa dibilang ikonnya Taman Bunga Nusantara.

Papan-papan penunjuk tiap lokasi di dalam Taman Bunga Nusantara terlihat jelas di sepanjang jalan. Total terdapat 9 jenis taman di sana seperti Taman Air, Taman Mawar, Taman Gaya Perancis, Taman Gaya Amerika, Taman Gaya Bali, Taman Rahasia (Labyrinth), Taman Gaya Mediterania, Taman Jepang, dan Taman Mawar.

Di Taman Jepang, suasananya mirip-mirip seperti di Jepang sana. Ada bangunan kayu di pinggir kolam, yang isi kolamnya adalah ikan-ikan koi. Malah, pohon sakura juga ada di sana lho!
Sedangkan jika ke Taman Gaya Perancis dan Taman Mawar, merupakan lokasi fotografi favorit. Taman-taman ini jugalah yang disebut-sebut oleh orang-orang, mirip-mirip seperti di Eropa sana.

Kalau Taman Rahasia (Labyrinth) yang berbentuk labirin bisa bikin pusing 7 keliling. Sebab kita harus menjelajahi jalanan yang berlika-liku dan terkadang buntu untuk sampai di tengahnya.

Perut lapar setelah berkeliling Taman Bunga Nusantara, tak perlu khawatir. Beberapa restoran tersedia di dekat gerbang pintu masuk yang menawarkan aneka menu dari kuliner khas Sunda sampai Timur Tengah. Ngomong-ngomong soal Timur Tengah, tak sedikit turis dari sana yang menghabiskan waktu di Taman Bunga Nusantara.
Selain berjalan kaki, pengunjung Taman Bunga Nusantara pun dapat naik mobil yang bernama Wira-wiri atau Garden Tram yang tentunya harus bayar lagi. Bagi yang membawa anak-anak, Alam Imajinasi yang merupakan taman rekreasi mini dengan aneka wahana permainan pun asyik disambangi.

Jangan lupa ya, Anda harus menyiapkan kamera saat datang ke Taman Bunga Nusantara untuk foto-foto. Alangkah baiknya, siapkan payung dan jaket juga karena terkadang biasanya sore hari sering turun hujan di sana.

Taman Bunga Nusantara buka setiap hari, jam bukanya dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Daripada waktu libur cuma di rumah atau di mal, lebih baik datang ke sini untuk menghirup udara segar dan berfoto-foto dengan bunga-bunga cantik. (ra/detik)

*sumber foto: (1) wisatamu.com (2) dakatour.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*