Jakarta, LiputanIslam.com—Di Situbondo, terdapat sebuah taman nasional bernama Baluran. Di sini, Anda bisa menikmati suasana savana yang luas layaknya di Afrika!

Kawasan TN Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Nama Baluran diambil dari nama Gunung Baluran yang berada di kawasan tersebut.

Setelah masuk ke kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, pengunjung di haruskan membeli tiket masuk wisata dengan total kurang lebih Rp.15.000,- sudah termasuk tiket masuk, tiket parkir dan biaya pengelolaan hutan. Setelah itu perjalanan dimulai dengan melewati hutan menuju ke lokasi wisata yang ada di dalam Taman Nasional Baluran. Luas wilayah konservasi yakni 25.000 hektar. Jalan yang dilewati berupa bebatuan bercampur aspal yang tidak lagi mulus sehingga membutuhkan waktu lama untuk mencapai Savana Bekol yaitu sekitar 45 menit.

Taman Nasional ini merupakan konservasi suaka flora dan fauna. Padang savana membentang luas dan terlihat jelas sejauh mata memandang, Savana Bekol namanya. Padang savana yang luas dengan rumput kuning mengering ditambah dengan rusa yang berlarian berkelompok di tengah padang savana di bawah terik matahari yang mengering menjadikan lokasi ini bersensasi Afrika. Juga terdapat banyak Pohon Widoro Bukel yang berbentuk menyerupai payung banyak memenuhi savana. Gunung Baluran yang megah menjadi latar belakang sabana bekol.

Namun, tidak hanya savana, hampir semua tipe hutan terdapat di sini, mulai dari Hutan Pantai, Hutan Mangrove, Rawa Asin, Hutan Payau, Hutan Hujan Pegunungan, Hutan Musim, Padang Lamun, dan Gugusan Terumbu Karang. Ditambah dengan latar gunung-gunung yang kokoh, traveler yang datang ke sini seolah-olah sedang berada di Afrika.

Sesekali terlihat kawanan rusa liar yang melintasi jalan tanpa memperdulikan orang yang berda di dekatnya. Rusa-rusa itu bergerak secara gerombolan, dan saling menunggu satu sama lain. Bahkan binatang pun punya kekerabatan yang tinggi.

Taman Nasional Baluran memang menawarkan sensasi berinteraksi dengan fauna iar di alam bebas. Tidak ada salahnya mengajak teman atau anak-anak untuk rekreasi di tempat ini. Dijamin akan seru dan menyenangkan.

(ra/ paketwisata.id/detik)

*Sumber foto: (1)balurannationalpark.web.id/ (2) travel.detik.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*