pancuranPadang, LiputanIslam.com—Padang selalu memberikan pesonanya. Tidak hanya keberagaman budaya, kuliner dan kemolekan wisata baharinya, namun Kota Padang juga memiliki sejumlah air terjun yang dapat dijelajahi. Berada di daerah perbukitan dengan pemandangan alam yang serba hijau dan menyegarkan dapat menjadi pilihan dalam menghilangkan kepenatan dengan lebih mendekatkan diri dengan alam.

Pincuran 7 atau Air Terjun 7 tingkat namanya. Tempatnya cukup jauh dari pusat kota sekitar 25 km dengan waktu tempuh 50-60 menit. Berlokasi di kawasan Agrowisata Lubuk Minturun tepatnya di daerah Aie Dingin, Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat.

Mengingat Kota Padang dipagari oleh Bukit Barisan yang membentang di sebelah timur sehingga banyak air terjun yang tersembunyi. Menuju air terjun ini tidak sulit dan akses jalan sangat baik.

Saat menjelajah kala itu saya bersama seorang teman. Keberadaan air terjun ini memang cukup jauh dari pemukiman warga, bahkan letaknya bisa di tengah hutan. Dari tempat penitipan motor hingga lokasi air terjun memakan waktu kira-kira 15-20 menit dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Suasananya masih asri dan berhawa sejuk. Banyak dijumpai hewan pengerat, kupu-kupu, capung bahkan bertemu dengan monyet hutan. Pincuran 7 ini belum begitu dikenal oleh masyarakat umumnya di Kota Padang. Masih minim sarana dan prasarannnya. Tidak ada tempat ganti, toliet dan aksesnya masih mengguankan jalan setapak sebab berada di dalam hutan.

Ketika menjelajah ke Pincuran 7 harus juga diperhatikan kondisi cuaca sebab bila dalam kondisi mendung lebih baik tidak usah pergi ke lokasi air terjun. Untuk menghindari terjadinya air bah yang datang tiba-tiba. Jangan meninggalkan sampah plastik dan merusak lingkungan di sana.

Manfaatkan hari libur Anda dengan mencoba menyusuri tempat yang baru dan menjelajah keindahan air terjun yang masih asri dan menyegarkan. Tentunya, Pincuran 7 ini dapat menjadi alternatif dalam menikmati keindahan alam di Kota Padang. (ra/detik)

*sumber foto: detiktravel

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL