mahakam-uluJakarta, LiputanIslam.com—Bingung mencari destinasi wisata menarik untuk liburan akhir tahun? Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di tepi Sungai Mahakam, ada tebing batu alami nan megah yang pastinya menarik untuk dikunjungi.

Sungai Mahakam sendiri terdapat di Mahakam Ulu, sebuah kawasan perbatasan darat yang secara geostrategic merupakan pintu gerbang dari wilayah Indonesia ke Wilayah Malaysia (Serawak). Kabupaten Mahakam Ulu dibentuk pada Tahun 2013 dengan ibukota Ujoh Bilang yang terletak di Kecamatan Long Bangun.

Kondisi geografis Mahakam Ulu sebagian besar merupakan daerah pedalaman dan kawasan hutan lindung. Untuk sampai ke Mahakam Ulu, kita dapat menggunakan pesawat ke Bandara Sepinggan, Balikpapan, kemudian kita bisa menyewa mobil dari Bandara ke Tering dengan waktu tempuh sekitar 10 jam.

Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan moda trasportasi air (speed boad) dari pelabuhan Sungai Tering ke Pelabuhan Ujoh Bilang (Long Bangun) selama kurang lebih 6 jam (kondisi hujan). Rute itu salah satu akses paling cepat untuk sampai ke Long Bangun.

Di sepanjang Sungai Mahakam Ulu kita bisa menjumpai keramaian kapal, speed boat dan ketinting yang hilir mudik melintasi Sungai Mahakam. Kita juga bisa melihat perkampungan penduduk yang berada di sepanjang sungai.

Di setiap perkampungan terdapat dermaga kecil untuk naik turunnya penumpang kapal/speed boat dan mengisi BBM untuk kapal/speedboat. Karena di tempat ini tidak terdapat SPBU layaknya di kota besar melainkan melalui pengisian BBM terapung.

Begitu pula jika kita akan beristirahat untuk makan. Maka akan ada beberapa rest area terapung untuk kita beristirahat sejenak sambil menikmati santapan siang di pingir Sungai Mahakam

Pemandangan di pingir Sungai Mahakam ini sunguh indah, dan kita patut mensyukuri ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa untuk alam ini. Dengan warna air yang kecoklatan yang mengalir dari hulu hingga hilir, Sungai Mahakam ini mampu menghidupi jutaan Pepohonan dan satwa di dalamnya serta manusia yang hidup di sekitar sungai Mahakam.

Nah, di pingiran Sungai Mahakam Ulu tersebut, kita dapat menjumpao Batu Dinding (Tembok Raksasa) Sungai Mahakam. Tempat ini merupakan gugusan batu dinding terjal yang menjulang tinggi.

Dialiri air yang jernih dan diselimuti oleh ribuan pepohonan hijau, ditambah dengan turunnya kabut tipis menambah eksotisnya pedalaman Kalimantan ini.

Batu Dinding ini adalah batu kapur putih yang membentuk dinding di tepi Sungai Mahakam. Dinding batu ini membentang sepanjang kurang lebih 800 meter di tepi Sungai Mahakam Ulu. (ra/kompas)

*sumber foto: http://www.imgrum.net/tag/mahakamulu

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL