Jakarta, LiputanIslam.com–Pantai Sukamade adalah salah satu pantai yang menjadi surga bagi penyu. Hampir sepanjang tahun, penyu mendarat untuk bertelur di pantai yang berjarak sekitar 97 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Di pantai ini terdapat penangkaran penyu.

Dalam satu malam, minimal satu penyu yang naik ke Pantai Sukamade yang berada di Taman Nasional Merubetiri tersebut.

Ada empat jenis penyu yang bisa kita temui di Pantai Sukamade yaitu penyu hijau (Chelonia mydas), penyu slengkrah (Lepidochelys olivaceae), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu belimbing (Dermochelys coriaceae). Namun yang terbanyak adalah jenis Penyu Hijau.

Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan  penyu penyu tersebut bertelur di Pantai Sukamade ini.

Namun syaratnya adalahAnda harus datang ke Pantai Sukamade pada saat malam hari, hal ini dikarenakan penyu hanya akan bertelur pada saat malam hari dengan menepi ke daerah pantai dan kemudian membuat lubang untuk meletakkan telur telurnya agar terlindung dari para predator.

Selain itu disini juga terdapat pemandu yang akan menemani Kamu saat melihat proses induk penyu yang sedang bertelur di Pantai Sukamade ini sehingga kamu tak perlu takut akan pergi melihat proses indukan penyu yang sedang bertelur sendirian.

 Dalam upaya melestarikan populasi penyu, di Pulau Sukamade ini terdapat petugas yang berwenang untuk mengambil telur telur penyu yang terdapat di area pantai yang kemudian akan diangkat dan dibawa ke penangkaran.

Telur telur penyu ini biasanya akan menetas setelah kurun waktu 60 hingga 75 hari setelah proses induk penyu bertelur. Dan setelah menetas, maka tibalah proses yang paling menyenangkan dan paling ditunggu tunggu oleh para wisatawan, yakni proses pelepasan para bayi penyu yang masih lucu lucu ke pantai.

Selain merupakan lokasi penangkaran dan pelepasan penyu, ternyata Pantai Sukamade memiliki suasana pantai tak terlalu ramai serta sangat cocok untuk kamu yang ingin melepaskan kepenatan akibat rutinitas sehari hari. Dan juga menikmati Keindahan panorama Saat sunset di Pantai Sukamade.

Selain bisa melalui rute dari Banyuwangi, juga terdapat rute lainnya untuk mencapai Pantai Sukamade ini kamu capai dari Jember dengan menempuh jarak sekitar 127 km.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Namun yang perlu kamu ingat adalah medan yang Anda harus melalui jalan yang berbukit bukit, maka dari itu Anda dituntut untuk menyesuaikan jenis kendaraan anda.

Anda bisa menempuhnya dari Kota Banyuwangi menuju ke kota Pesanggaran yang berjarak 60 km dan kemudian dilanjutkan menuju ke Sarongan yang berjarak 20 km dengan menggunakam angkutan umum ataupun truk.

Setelah tiba di Desa Sarongan, Anda akan melalui medan yang lumayan berat, dengan lama perjalanan dari Desa  Sarongan ke Rajegwesi dan ke Sukomade ini menempuh jarak 18 km ini biasanya bisa tempuh dengan memakai kendaraan hanya dalam waktu 1,5 jam. (ra/kompas/destinasipada.blospot)

*sumber foto: (1)www.asliindonesia.net (2)www.wisatakebromo.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL