Jakarta, LiputanIslam.com—Tak lama lagi waktunya libur akhir tahun yang bisa Anda nikmati dengan keluarga atau teman. Berbagai destinasi wisata di dalam maupun luar negeri bisa jadi pilihan untuk menyambut tahun baru.

Penginapan atau hotel jangan sampai terlewat untuk disiapkan. Selama akhir tahun, harga penginapan akan berbeda dengan liburan hari-hari biasa. Pasalnya, permintaan kamar hotel naik drastis apalagi di kota-kota liburan yang favorit.

Lalu bagaimana mengakali permintaan kamar hotel yang naik agar bisa mendapat harga yang lebih murah? Berikut tips memesan hotel untuk libur akhir tahun agar lebih murah.

  1. Pilih destinasi liburan

Sebelum memilih penginapan, tentunya Anda harus menentukan destinasi wisata untuk akhir tahun. Anda bisa menentukan hotel atau penginapan di destinasi liburan yang dipilih.

Manfaat lainnya Anda bisa turut merancang bujet liburan setelah mengetahui destinasi liburan.

  1. Pilih sesuai bujet

Carilah hotel atau penginapan sesuai bujet liburan Anda. Di beberapa Online Travel Agent (OTA) seperti Pegipegi memiliki fitur pencarian harga hotel yang termurah hingga termahal.

Fasilitas juga nantinya juga turut menentukan harga penginapan. Penginapan dengan fasilitas yang lengkap seperti memiliki kolam renang, spa, dan sarapan tentu berbeda dengan yang fasilitasnya terbatas.

  1. Perhatikan ulasan hotel

Ada baiknya wisatawan memilih hotel berdasarkan ulasan. Ulasan bisa didapatkan melalui pengguna Online Travel Agent.

Dalam melihat ulasan, foto-foto kamar lebih baik diperhatikan dengan seksama. Hal itu disebabkan karena foto yang diunggah di situs OTA bisa berbeda dengan kenyataan aslinya.

  1. Pesan jauh hari

Saat memesan penginapan, ada baiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan liburan. Waktu terbaik untuk memesan hotel untuk akhir tahun berkisar 12-5 hari sebelum Hari Raya Natal.

Harga penginapan bila memesan jelang waktu keberangkatan di akhir tahun, harga cenderung akan meningkat. Hal itu karena meningkatnya permintaan akan kamar hotel.

Memesan dari jauh-jauh hari juga memiliki keuntungan seperti mendapatkan promo-promo yang ditawarkan oleh OTA.

  1. Diskusi di forum-forum wisata

Sekadar berdiskusi dengan wisatawan-wisatawan di forum-forum wisata juga bermanfaat untuk mendapatkan informasi penginapan-penginapan murah. Biasanya di forum-forum wisata, informasi-informasi tersebut bisa didapatkan.

  1. Rombongan

Saat berlibur, usahakan pergi secara rombongan. Pergi rombongan akan membagi biaya penginapan secara merata.

  1. Pilih penginapan agak jauh dari pusat kota

Penginapan di pusat kota tentunya akan lebih mahal dibandingkan yang berada di luar pusat kota. Hal itu karena pusat kota memiliki daya tarik wisata yang dicari oleh wisatawan.

Anda bisa agak menjauh dari pusat kota meski berisiko memerlukan ekstra waktu untuk menuju pusat kota. Contohnya, bila liburan ke Yogyakarta, Anda bisa pilih penginapan di luar wilayah Malioboro. (ra/kompas)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL