Jakarta, LiputanIslam.com– Pulau Kapoposang di Sulawesi Selatan masih asing terdengar di kalangan traveler, apalagi jika dibandingkan pulau-pulau di Lombok atau Flores. Namun siapa menyangka, di pulau yang belum terkenal ini, Anda bisa snorkeling bareng ikan nemo. Seru sekali!

Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan dikenal sebagai wilayah yang memiliki gugusan pulau spermode yang begitu indah dan memukau.

Salah satunya Pulau Kapoposang yang berada di Desa Mattiro Ujung, Kecamatan Liukang Tupabiring, Pangkep. Di pulau ini, traveler akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis bawah laut. Hanya berjarak 100 meter dari bibir pantai pulau ini, traveler sudah bisa bersnokeling dan melihat pemandangan biota laut yang memukau. Salah satunya, ikan badut atau yang biasa dikenal ikan nemo.

Airnya sangat jernih, jadi nyaman untuk diselami. Banyak biota laut yang memukau seperti Ikan badut yang mudah kita temukan di atas terumbu karang.

Di kedalaman laut, traveler bisa menyelam dan menikmati ragam terumbu karang dari hasil transplantasi masyarakat dan pemerintah setempat.

Jika lapar, Anda tidak usah susah payah. Mencari ikan di pulau ini terbilang cukup mudah. Cukup dengan memancing di sekitar dermaga, traveler bisa mendapatkan ikan sekelas ikan kakap.

Saat matahari terbenam, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sunset yang memukau dari bibir pantai berpasir putih bersih. Masyarakat di pulau ini memang sangat menjaga kelestarian lingkungannya. Tidak satu pun nelayan yang mencari ikan dengan cara ilegal, seperti bom dan pukat harimau. Mereka sadar, hal itu akan merusak alam.

Pulau ini terletak 30 mil dari Dermaga Pangkep dan Dermaga Paotere Makassar. Untuk sampai ke sana, perjalanan ditempuh 2 sampai 4 jam, tergantung perahu yang digunakan. Harga sewa berkisar antara Rp 250 sampai Rp 350 ribu. (ra/detik)

*sumber foto: (1)http://daradaeng.com (2)rebanas.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*